Ramadhan 1438 H

Antisipasi Gangguan Kesehatan Saat Puasa, Ini yang Harus Anda Lakukan

Jika tubuh terlambat menyesuaikan, bukan tidak mungkin saat puasa malah muncul beberapa gangguan penyakit.

Antisipasi Gangguan Kesehatan Saat Puasa, Ini yang Harus Anda Lakukan
TribunPekanbaru/DoddyVladimir
Seorang warga sedang membaca Al-Quran usai menuaikan Sholat Jumat pada hari kelima bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah di Mesjid Al-Falah Jalan Sumatera Pekanbaru, Jumat (10/6/2016). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tanpa terasa sudah memasuki bulan puasa Ramadhan. Selama puasa tubuh akan menahan diri dari makan dan minum dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Puasa tentu akan mempengaruhi pola asupan nutrisi dalam tubuh.

Waktu makan yang terbatas pada pagi dan sore hari, menyebabkan metabolisme harus beradaptasi pada berkurangnya frekuensi asupan makanan saat puasa.

Pada hari pertama menjalankan puasa mungkin tubuh akan mengalami ketidaknyamanan dikarenakan seluruh sistem tubuh sedang berupaya menyesuaikan dengan pola makan yang hanya dilakukan pada saat berbuka dan sahur.

Namun, hari-hari setelahnya tubuh akan mulai terbiasa dan kesehatan yang baik dapat dipertahankan dengan mengkonsumsi gizi yang cukup selama waktu makan yakni saat sahur dan berbuka.

Jika tubuh terlambat menyesuaikan, bukan tidak mungkin saat puasa malah muncul beberapa gangguan penyakit.

Namun, bagaimanapun puasa tetap wajib dijalankan.

Berbagai penyakit berpotensi muncul jika tidak dapat mengontrol pola asupan makanan yang dikonsumsi tubuh.

Selain flu yang kerap melanda, berbagai dampak bisa dialami tubuh saat melakukan puasa. Seperti kurang konsentrasi dan mengantuk.

Kurangnya konsentrasi biasanya disebabkan oleh kurangnya konsumsi mineral dan serat yang cukup. Sediakan waktu juga untuk sekedar istirahat atau tidur.

Halaman
12
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved