Viral Medsos

VIDEO: Mudik Bersama BPJS Kesehatan, Tetap Aman Nyaman Selama Mudik

Para peserta JKN – KIS Badan Penyelenggaran Jaminan Kesehatan (BPJS) Cabang Tembilahan yang mudik ke kampung halaman tidak perlu khawatir dan tetap

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru : T. Muhammad Fadhli.

TRIBUNPEKANBARU.COM, TEMBILAHAN – Para peserta JKN – KIS Badan Penyelenggaran Jaminan Kesehatan (BPJS) Cabang Tembilahan yang mudik ke kampung halaman tidak perlu khawatir dan tetap bisa mudik aman dan nyaman.

Dimana pun kampung halamannya, para pemudik tetap bisa menikmati layanan khusus pada hari raya idul fitri 1438 hijriyah, khususnya H – 7 hingga H + 8 lebaran.

Sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal memperoleh pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya.

Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan Yessy Rahimi menghimbau para peserta JKN-KIS yang sedang mudik untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat/KIS, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS, dan Kartu Jamkesmas).

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” ungkap Yessy dalam konferensi pers bertema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Kamis (15/06) di Media Center BPJS Kesehatan Kantor Cabang.

Lebih lanjut Yessy menjelaskan, kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak 19 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017.

Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

Lanjutnya lagi, kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan. Sehingga penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status Kepesertaan aktif.

Halaman
12
Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved