Bawa Konsep Kemilau Ranah Bundo, Sumbar Talenta akan Tampil di Kroasia

Produser The 51’st International Folklore Festival, Sumbar Talenta akan menampilkan pertunjukannya setiap hari selama berada di Croatia.

Bawa Konsep Kemilau Ranah Bundo, Sumbar Talenta akan Tampil di Kroasia
dok. Sumbar Talenta Organization
Rombongan Sumbar Talenta saat transit di Kuala Lumpur International Airport. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PADANG - Memenuhi undangan dari Medunarodna Smota Folklora Zagreb – Croatia, Himpunan Wanita Karya (HWK) Sumbar mengirim Sumbar Talenta untuk tampil konser di ajang pertunjukan kesenian rakyat ‘The 51’st International Folklore Festival’.

Seperti dikutip dari padangmedia.com festival tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 19 – 23 Juli 2017 di Kota Zagreb, Croatia. Rombongan Sumbar Talenta terdiri dari 24 orang, telah diberangkatkan pada hari Minggu, 16 Juli 2017.

Baca: Entah Lucu Atau Tidak, Lelucon Ekstrim Sampai Membuat Korban Jatuh Kejang-Kejang

“Rombongan Sumbar Talenta ini mengikutkan pemenang pertama Sumbar Talenta XII sebagai realisasi dari hadiah yang telah kami janjikan. Secara keseluruhannya adalah para grand finalis Sumbar Talenta I hingga XII yang aktif bergiat di Sumbar Talenta Organization (STO) serta para bundo kanduang dari HWK Sumbar,” kata Hj. Sastri Yunizarti Bakry, Ketua HWK Sumbar dan salah seorang pendiri Sumbar Talenta.

Sumbar Talenta membawa konsep Enchanting of Minangkabau (Kemilau Ranah Bundo) ke Croatia dengan menyiapkan pertunjukan Tari Pasambahan, Tari Indang, Tari Piring, Peragaan Busana Minangkabau oleh Bundo Kanduang dan lagu-lagu tradisi Minangkabau. Sumbar Talenta menjadi wakil dari Indonesia untuk tampil di The 51’st International Folklore Festival di Zagreb – Croatia ini.

“Persiapan untuk tampil di Croatia sudah kami lakukan sejak bulan Februari 2017. Didukung oleh ibu-ibu dari HWK Sumbar dan teman-teman di STO,” kata Yeni Zafitri, Ketua Harian HWK Sumbar, Minggu (16/7).

Baca: Diduga Kuat Menjadi Korban Bullying, Remaja Wanita ini Ditemukan Tergantung di Toilet Sekolah

Selain Sumbar Talenta, The 51’st International Folklore Festival juga diikuti oleh komunitas seni dari beberapa negara lain, seperti Argentina, Brasil, Italia, Macedonia, Paraguay, Spanyol, dan dua komunitas seni dari Amerika Serikat dan Turki. Sebagai tuan rumah, Croatia mengikutkan 26 komunitas seninya dan juga komunitas seninya yang berkiprah di Bosnia, Herzegovina, dan Serbia.

Sesuai informasi dari Zeljka Janes Beneti, Produser The 51’st International Folklore Festival, Sumbar Talenta akan menampilkan pertunjukannya setiap hari selama berada di Croatia.

“Sudah lebih dari 25 kali membawa Sumbar Talenta konser di luar negeri, baru kali ini tanpa didampingi oleh drg. Riflaini, Ketua Harian HWK Sumbar yang telah mendahului kita. Tapi, kami tetap optimis dan semangat untuk tampil di IFF ke 51 ini,” kata Sastri Bakry yang juga adalah Inspektur Khusus di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Sastri Bakry juga mengatakan, untuk mempersiapkan penampilan di The 51’st International Folklore Festival di Croatia, pasti ada kendalanya. Ia menyayangkan tidak adanya perhatian dari Pemerintahan Provinsi.

“Walaupun sudah kami minta untuk melihat anak-anak tampil. Namun, berkat rasa kekeluargaan yang cukup erat antara sesama pengurus, jadi mempermudah kami untuk saling bekerjasama dalam mengangkat kesenian tradisi dan kebudayaan Minangkabau di luar negeri dan juga belajar dari pengalaman sebelumnya. Semoga saja penampilan Sumbar Talenta di Croatia nanti dihadiri oleh Duta Besar Indonesia beserta staf di Croatia,” ujar Sastry. (*)

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved