Breaking News:

Cara Cegah Gagal Ginjal Sebenarnya Sederhana, Coba Ikuti Petunjuk Ini

Penyakit gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja yang menderita penyakit serius atau terluka dimana hal itu

Editor:
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Ginjal merupakan dua organ berbentuk menyerupai kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia.

Ginjal yang sebesar kepala tangan orang dewasa. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat menentukan kualitas hidup seseorang. Ginjal ini berfungsi melakukan filterisasi terhadap zat-zat yang masuk kedalam tubuh manusia. 

Penyakit gagal ginjal adalah suatu penyakit fungsi dari ginjal mengalami penurunan hingga tidak dapat bekerja dalam penyaringan pembuangan elektrolit tubuh.

Penyakit gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja yang menderita penyakit serius atau terluka dimana hal itu berdampak langsung pada ginjal itu sendiri. Penyakit gagal ginjal sering dialami mereka yang berusia dewasa, terlebih dahulu pada kaum lanjut usia.

Beberapa tips cara pencegahan penyakit gagal ginjal

1.Hindari Rokok dan Minuman Keras
Mengkonsumsi minuman keras secara berlebihan akan meningkatkan tekanan darah, dan selain itu juga meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke sehingga memicu timbulnya masalah pada ginjal.

2.Berolahraga secara tertatur
Berolahraga dengan aktivitas seperti jalan kaki, jogging, dan bersepeda agar mengurangi resiko naiknya darah dan resiko berkembangnya GGK dengan berolahraga teratur.

3.Lakukan pengecekan kadar gula darah (Diabetes)
Oleh karena itu sangat penting untuk mengendalikan kadar gula darah bagi penpenderita diabetes, maka lakukan pengecakan kadar gula darah, karena diabetes dapat menimbulkan gagal ginjal kronis.

4.Baca petunjuk obat
Pastikan Anda mengikuti petunjuk pemakaian jika Anda memang harus mengonsumsi obat pereda sakit. Konsumsi obat anti-inflamasi non-steroid seperti aspirin dan ibuprofen dalam dosis berlebih dapat menyebabkan gangguan ginjal.

Meski merokok tidak berdampak berbahaya secara langsung, pada fungsi ginjal namun apabila terus dilakukan juga akan memicu adanya gangguan pada jantung. Seperti yang telah di bahas sebelumnya bahwa penyakit jantung dapat memicu timbulnya masalah pada fungsi ginjal.

Itulah sekilas informasi mengenai Pencegahan Penyakit Gagal Ginjal. Sayangi ginjal anda dengan mulai menerapkan pencegahan penyakit gagal ginjal dengan gaya hidup yang lebih sehat, karena kita sendiri adalah yang paling bertanggung jawab akan kondisi kesehatan kita saat ini dan masa mendatang. Terima kasih dan semoga bermanfaat. (*)

Berita ini sudah terbit di Warta Kota dengan judul Cara Mencegah Penyakit Gagal Ginjal

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved