Breaking News:

Tiger Heart Riau Edukasi Masyarakat dan Gelar Aksi Teatrikal di Perayaan Hari Harimau Sedunia 2017  

Untuk menarik perhatian pengunjung RTH Kaca Mayang, beberapa anggota Tiger Heart juga tampak menggunakan atribut dan kostum Harimau Sumatera.

Penulis: Rizky Armanda | Editor: M Iqbal
TribunPekanbaru/Rizky Armanda
Global Tiger Day atau Hari Harimau Sedunia 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru: Rizky Armanda

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Setiap tanggal 29 Juli setiap tahunnya, masyarakat international memperingati Global Tiger Day atau Hari Harimau Sedunia.

Peringatan Hari Harimau Sedunia digagas pertama kali pada International Tiger Meeting di St. Petersburg, Rusia, November 2010 silam.

Di Pekanbaru sendiri, perayaan Hari Harimau Sedunia digagas oleh Tiger Heart Riau. Pelaksanaannya dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau ( RTH) Kaca Mayang di jalan Jenderal Sudirman, Minggu (30/7) pagi.

Kegiatan ini juga dilakukan serentak di 9 kota lainnya di Indonesia.

Dalam hal ini, Tiger Heart Riau menggelar kegiatan sosialisasi sekaligus untuk mengedukasi masyarakat terkait dengan Harimau Sumatera.

Di sini juga dibahas tentang angka populasi Harimau Sumatera yang semakin berkurang.

Untuk menarik perhatian pengunjung RTH Kaca Mayang, beberapa anggota Tiger Heart juga tampak menggunakan atribut dan kostum Harimau Sumatera.

"Kita berikan semacam informasi dan pengetahuan umum tentang status terkini dan habitat Harimau Sumatera di Propinsi Riau kepada masyarakat umum. Di mana memang kondisinya sangat memprihatinkan," ujar Eko Jatmiko selaku anggota Tiger Heart Riau.

Eko melanjutkan, perlu kesadaran dan kepedulian semua pihak untuk melakukan upaya perlindungan terhadap hewan kharismatik yang satu ini agar tidak cepat punah.

Saat ini tercatat populasi Harimau Sumatera hanya berkisar antara 300-600 ekor saja. Satwa kharismatik kebanggaan Indonesia itu kini memang sedang diambang kepunahan.

Dalam rangkaian kegiatan perayaan Hari Harimau Sedunia yang ditaja Tiger Heart Riau ini juga diisi dengan penampilan musik akustik, puisi, dan juga kuis.

Selanjutnya, Tiger Heart Riau yang merupakan jaringan relawan pelestarian Harimau Sumatera ini akan melanjutkan estafet kegiatan peringatan Global Tiger Day 2017 di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Perguruan Tinggi di Pekanbaru.

Sebelumnya, Tiger Heart Riau juga menggelar aksi teatrikal tabur bunga yang menjadi bentuk ungkapan keprihatinan terhadap kondisi Harimau Sumatera dan habitatnya di Provinsi Riau saat ini. Aksi digelar di dekat Tugu Zapin.

Tiger Heart Riau juga melakukan penggalangan koin untuk Harimau Sumatera (Coin for Tigers) untuk menggugah masyarakat secara luas di simpang lampu merah Kantor Gubernur Riau.

Aksi Coin for Tiger ini berangkat dari filosofi koin yang sering dianggap sebagai barang recehan dan tidak bernilai.

Begitu juga dengan pandangan terkait Harimau Sumatera yang berada di alam dengan kondisinya saat ini, sering sekali luput dari perhatian masyarakat luas.

"Untuk itu kami Tiger Heart Riau mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih peduli terhadap kondisi Harimau Sumatera dan kita semua berharap kepada penegak hukum untuk lebih menindak para pelaku perusak lingkungan, pemburu serta perdagangan satwa liar," tutup Eko.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved