Breaking News:

Komisi I DPRD Hearing dengan KPU Pekanbaru dan Disdukcapil, Ini yang Dibahas

Komisi I DPRD Pekanbaru menggelar hearing dengan KPU Pekanbaru dan Disdukcapil, terkait jumlah penduduk di Kota Bertuah ini, Kamis (3/8/2017).

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Syafruddin Mirohi
Hearing Komisi I DPRD Pekanbaru dengan KPU Pekanbaru dan Disdukcapil terkait jumlah penduduk di Kota Bertuah ini, Kamis (3/8/2017). 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syafruddin Mirohi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisi I DPRD Pekanbaru menggelar hearing (rapat dengar pendapat) dengan KPU Pekanbaru dan Disdukcapil, terkait jumlah penduduk di Kota Bertuah ini, Kamis (3/8/2017). Rapat dipimpin Wakil Ketua Komisi I Tarmizi Akhmad dan beberapa anggota Komisi I lainnya.

Sementara Disdukcapil dihadiri Baharuddin selaku Kepala Disdukcapil, KPU Pekanbaru dihadiri Abdul Razak. Wakil Ketua Komisi I Tarmizi Akhmad mengatakan, tujuan hearing ini untuk mengetahui jumlah pasti penduduk Kota Pekanbaru.

Baik yang terdata e-KTP maupun yang belum merekam. Termasuk juga data yang dikirim Disdukcapil ke KPU, untuk data DPT (daftar pemilih tetap). "Ini langkah kita untuk menyambut Pilgub, Pileg dan Pilres nanti," kata Tarmizi.

Dari paparan Disdukcapil, jumlah penduduk Kota Pekanbaru tersebut kalau malam hari berjumlah 1,2 juta jiwa. Sementara siang hari 1,4 juta jiwa. Artinya, dari jumlah tersebut kemungkinan besar daerah pemilihan (dapil) di Kota Pekanbaru menjadi 6 atau 7 dapil.

"Dengan begitu anggota jumlah anggota DPRD Pekanbaru bisa bertambah dari 45 orang menjadi 50 orang. Tapi untuk finalisasi penambahan tersebut belum bisa pasti oleh Disdukcapil dan KPU," terang politisi NasDem tersebut.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Pekanbaru Baharuddin menyampaikan, bahwa jumlah penduduk Kota Pekanbaru berdasarkan data pihaknya sebanyak 1.151.591 orang. Sementara data dari pusat hanya 876.084 orang.

Disinggung mengenai jumlah penduduk yang ril, Baharuddin menyebutkan, pihaknya sedang membahasnya. Karena ini berdampak pada penambahan Dapil dan penambahan jumlah anggota DPRD.

"Kita sedang bahas jumlah penduduk. Penambahan sedang dibicarakan," katanya. Terpisah, Anggota KPU Pekanbaru Abdul Razak mengatakan, berdasarkan jumlah DPT warga Kota Pekanbaru berdasarkan Pilwako Pekanbaru kemarin sebanyak 640 ribu orang.

Untuk data Pilgub, Pileg dan Pilpres mendatang, pihaknya belum bisa menetapkannya. Karena KPU masih menunggu data terbaru dari Disdukcapil.

"Makanya untuk penambahan dapil dan penambahan kursi legislatif belum pasti untuk Pileg 2019 mendatang," sebutnya seraya mengatakan, data dari Disdukcapil tersebut paling cepat baru didapatkan Maret atau Mei 2018.

SUBSCRIBE Youtube: Tribun Pekanbaru,

LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru,

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved