Breaking News:

Bengkalis

Bengkalis Belum Bisa Swasembada Beras

Melihat potensi ini pihaknya mengaku sulit untuk Bengkalis bisa Swasembada beras. Apalagi faktor geografi dan kebudayaan masyarakat belum mendukung.

Penulis: Muhammad Natsir | Editor: M Iqbal
TribunPekanbaru/Theo Rizky
Kelompok Tani Mustang binaan Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru melakukan panen padi perdana di lahan persawahan Lanud Rsn, Jumat pagi (9/6/2017). Panen seluas tiga hektare yang dilakukan di lahan pencadangan milik TNI AU tersebut diharapkan dapat menjadi menjadi contoh serta menjadi bahwa di Kota Pekanbaru juga dapat dilakukan penanaman padi dan menjadi bagian dalam mendukung program pemerintah pusat yang kini sedang menggalakkan program Upaya Khusus Padi, Jagung, Kedelai. 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru Muhammad Natsir

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS -Badan Ketahanan Pangan Bengkalis akui Bengkalis belum bisa menjadi daerah Swasembada beras. Hal ini diungkap langsung Plt Kepala Badan Ketahanan Bengkalis Syafrizan kepada wartawan, Jumat (11/8)pagi.

Menurut dia, hal ini terjadi karena produksi beras petani Bengkalis masih jauh dari kebutuhan beras masyarakat.

Baca: Begini Sosok Bripda Yoga Vernando, Pernah Main di Dua Sinetron Terkenal Ini Lho!

"Produksi kita baru kisaran 20.000 ton beras setiap tahunnya. Sementara kebutuhan masyarakat per tahun sekitar 60.000 ton, " ungkap Syafrizan.

Melihat potensi ini pihaknya mengaku masih sulit untuk Bengkalis bisa Swasembada beras. Apalagi faktor geografi dan kebudayaan masyarakat belum mendukung.

Baca: 8 Fakta di Balik Kunjungan Raja Arab Saudi dengan Bawa Rombongan 1500 Orang

"Masyarakat kita sudah terdidik makan beras putih dari luar dibandingkan beras ladang. Jadi sangat sulit mengubah kebiasasan ini, " kata dia.

Sementara itu, pihaknya tengah melirik potensi pangan lain yang akan di kembangkan. Diantaranya pangan sagu dan ubi.

Pasalnya kedua pangan ini produksinya selalu Surplus. Sehingga sangat dimungkinkan untuk di kembangkan.

Baca: 6 Fakta Bripda Yoga Vernando, Polisi Ganteng yang Dipukul Oknum TNI, Nomor 5 Bikin Baper!

"Surplus produksi sagu ini terjadi karena konsumsi sagu rendah sedangkan produksinya berlimpah. Jadi dimungkinkan kita untuk ekspor sagu keluar Bengkalis. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved