Siswa SMP dan SMK YABRI Terpadu Kunjungi Vihara Satya Dharma Kwan Tee Kong Bio

Kurang lebih 200 siswa SMP dan SMK Yayasan Al-Bayan Riau (YABRI) melakukan kunjungan Filed Trip ke Vihara Satya Dharma, Kwan Tee Kong Bio, Sabtu.

Siswa SMP dan SMK YABRI Terpadu Kunjungi Vihara Satya Dharma Kwan Tee Kong Bio
Istimewa
Pengurus Vihara Satya Dharma foto bersama dengan Guru-Guru SMP & SMK Yayasan Al-Bayan Riau (YABRI) saat Kunjungan Field Trip ke rumah-rumah Ibadah di Pekanbaru, Sabtu (19/8/2017). Rombongan berjumlah sekitar 250 orang terdiri dari siswa, guru dan PPL. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kurang lebih 200 siswa SMP dan SMK Yayasan Al-Bayan Riau (YABRI) melakukan kunjungan Filed Trip ke Vihara Satya Dharma, Kwan Tee Kong Bio, Sabtu (20/8/2017).

Rombongan siswa-siswi tersebut dipimpin oleh Kepala Sekolah SMP YABRI Terpadu Sri Lestari dan Kepala Sekolah SMK YABRI Terpadu Jaepri Kaldo.

Menggunakan tujuh bus, para siswa datang dalam rangka menggali pengetahuan tentang keanekaragaman agama yang ada di Indonesia khususnya di Kota Pekanbaru.

Mereka cukup antisias mendengarkan penjelasan dari pengurus vihara, Yudhoyono Wijaya dan beberapa pengurus vihara lainnya, yang sekaligus menerima kedatangan rombongan.

Suasana akrab hampir tidak ada perbedaan begitu terlihat. Tanya jawab tentang ajaran agama Buddha serta tata cara peribadatan berlangsung dengan dialog hangat dan penuh kekeluargaan.

Yudhoyono Wijaya mengharapakan kunjungan itu bisa menambah wawasan dan pengetahuan peserta didik tentang agama-agama. Sehingga lebih terbina toleransi antar umat.

"Selain siswa memahami agama yang dianutnya, siswa juga bisa memahami dan mengetahui lebih lanjut agama lain baik tata cara sembahyang dan ajaran agama lainnya, sehingga bisa menambah wawasan," ujar Yudhoyono Wijaya.

Kepala Sekolah SMP YABRI Terpadu Sri Lestari menyatakan bahwa kunjungan ini sangat bermanfaat sekali agar siswa untuk bisa melihat langsung dan mengetahui bagaimana tata cara peribadatan agama-agama.

Penerimaan pengurus vihara dinilainya amat baik dan banyak memberi masukan dan pengetahuan bagi peserta.

"Mengetahui ajaran dan tata cara peribadatan agama lain, maka siswa bisa menghargai semua perbedaan ajaran dan akidah agama lain. Sehingga terbina kerukunan hidup beragama," jelas Sri.

Sebelum berkunjung ke Vihara Satya Dharma, Kwan Tee Kong Bio, pada acara fiel trip ke rumah ibadah ini, diawali dengan kunjungan ke rumah Ibadah Agama Islam, Hindu dan Kristen. (*)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved