Breaking News:

Jangan Ragu Gunakan APBDes, Para Kades Harus Manfaatkan Peran TP4D Inhil

Hal ini tentu saja membuat pembangunan terhambat, pertumbuhan ekonomi melambat, dan kesejahteraan masyarakat sulit tercapai.

Penulis: T. Muhammad Fadhli | Editor: M Iqbal
Kominfo Inhil
Kepala Kejari Inhil Lulus Mustofa menandatangani kerjasama TP4D bersama Pemkab Inhil disaksikan Bupati Inhil HM Wardan didampingi Ketua Komisi I DPRD Inhil Yusuf Said, unsur kepolisian dan ratusan Kepala Desa se Inhil. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru : T. Mubammad Fadhli.

TRIBUNPEKANBARU.COM, TEMBILAHAN – Memiliki tugas yang cukup berat dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat, ditambah lagi dengan pertanggung jawaban pengelolaan dana yang cukup besar di desa, tidak bisa dipungkiri menyebabkan penyerapan anggaran desa menjadi kurang maksimal.

Hal ini tentu saja membuat pembangunan terhambat, pertumbuhan ekonomi melambat, dan kesejahteraan masyarakat sulit tercapai.

Untuk itulah, Bupati Inhil HM Wardan mengajak kepada seluruh Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) agar tidak ragu menjalankan kegiatan yang tertuang dalam APBDes 2017, tentu saja dengan memanfaatkan peran penting dari Tim Pengawal, Pengamanan, Pemerintahan dan Pembangunan (TP4D) Kabupaten Inhil.

Karena melalui TP4D Inhil, adanya upaya preventif dan persuasif dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan maupun pemanfaatan hasil pembangunan.

Oleh karena itu, Bupati Inhil HM Wardan ingin para Kades memanfaatkan keberadaan TP4D dalam melaksanakan tugas, agar tidak tersandung dengan masalah hukum.

“Saya tetap berpesan agar seluruh kepala desa dapat menggunakan anggaran yang ada dengan bijak, hati-hati dan penuh tanggung jawab, sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Gunakanlah dana desa dengan sebaik-baiknya, untuk membangun dan memajukan desa, dengan tetap memahami dan mematuhi hukum yang berlaku,” pesan Bupati kepada para Kades yang mengikuti Rapat Kerja Kepala Desa se Kabupaten Inhil dan Sosialisasi Penggunaan Dana Desa serta Launching TP4D di Gedung Puri Cendana Tembilahan, Kamis (24/8/16).

Keberadaan TP4D selain untuk mendorong pelaksanaan pemerintahan yang bersih, aman dan terhindar dari masalah hukum, menurut Bupati Wardan, juga sebagai sarana strategis untuk menguatkan jalinan koordinasi dan sinergitas antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil dengan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Inhil.

“Dengan adanya pengawalan atau bimbingan secara khusus dari Kejari Inhil, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya penyimpangan yang dilakukan baik secara sadar maupun tidak sadar dalam lingkup pemerintahan daerah dan desa,” tukas Bupati.

Sekali lagi Bupati Wardan berpesan, para Kades harus berkoordinasi dengan dinas terkait, apabila terdapat kendala atau permasalahan dalam pelaksanaannya.

“Maka lakukanlah dulu koordinasi dengan dinas terkait, untuk diselesaikan secara bersama, apalagi peraturan juga mengalami banyak perubahan,” pesan Bupati kelapa ini.

Pesan serupa juga disampaikan Kepala Kejari Inhil Lulus Mustofa. Lulus mengingatkan agar para Kades dapat menjalankan dan mengelola Dana Desa dengan baik dan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga dapat terhindar dari permasalahan hukum.

Tampak hadir dalam rapat kerja, Kepala DPMD Inhil Yulizal, Ketua Komisi I DPRD Inhil Yusuf Said, unsur kepolisian dan ratusan Kepala Desa se Inhil.(*)

Tags
APBDes
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved