Apakah Bakso Babi Bisa Dideteksi Sebelum Dimakan? Simak Penjelasan Spesialis Gizi RS Awal Bros

Apakah bakso itu aman dikonsumsi atau halal, Spesialis Gizi Klinis RS Awal Bros Pekanbaru, dr Imelda Goretti, M. Gizi, Sp.GK memiliki penjelasannya.

Apakah Bakso Babi Bisa Dideteksi Sebelum Dimakan? Simak Penjelasan Spesialis Gizi RS Awal Bros
shutterstock
Bakso 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru Firmauli Sihaloho

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Bakso Mekar di Jalan Ahmad Dahlan telah ditetapkan oleh BBPOM Pekanbaru positif menggunakan daging babi.

Terkait penemuan itu, diharapkan masyarakat, khususnya beragama muslim untuk lebih hati-hati dalam memilih bakso yang akan dikonsumsi.

Namun begitu, untuk mendeteksi apakah bakso itu aman dikonsumsi atau halal, Spesialis Gizi Klinis RS Awal Bros Pekanbaru, dr Imelda Goretti, M. Gizi, Sp.GK memiliki penjelasan sendiri.

Menurutnya, daging bakso tidak bisa dinilai dengan cepat dan kasat mata begitu saja apakah menggunakan daging sapi atau tidak.

"Karena bakso ini kan merupakan daging olahan yang sudah dicampur dengan tepung. Jadi untuk memeriksa nya memang perlu uji laboratorium," katanya kepada Tribun, Selasa (29/8).

Menyoal tips memilih daging bakso halal yang ada di Internet, Dia kurang menyetujui nya.

"Kalau menurut saya pribadi tidak bisa. Contohnya, dikatakan, kalau daging bakso babi akan lebih berminyak. Nah, kita kan tidak tahu apakah minyak itu memang berasal dari bakso itu atau dari daging lemak yang digunakan si penjual,"ucapnya.

Imel hanya menyarankan agar masyarakat lebih hati-hati saja dalam mengkonsumsi bakso.

"Dan juga Diskes bersama BBPOM harusnya lebih menggencarkan pemeriksaan ini," pungkasnya. (*)

Penulis: Firmauli Sihaloho
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved