Tak Hanya Bakso Babi, BBPOM Juga Temukan Sejumlah Makanan Tidak Memenuhi Syarat

"Hasil pengujian terakhir itu kita terima beberapa hari lalu dari BPOM RI di Jakarta dan hasilnya positif mengandung babi,"

Tak Hanya Bakso Babi, BBPOM Juga Temukan Sejumlah Makanan Tidak Memenuhi Syarat
TribunPekanbaru/Syaiful Misgiono
Bakso Mekar yang berada di Jalan Ahmad Dahlan. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Syahrul Ramadhan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Berdasarkan keterangan Kasi Pemeriksaan BBPOM di Pekanbaru Veramika Ginting, temuan bakso mengandung babi merupakan yang pertama oleh pihaknya.

Ia mengatakan, sepanjang dua tahun belakangan hanya satu temuan bakso mengandung babi didapati di wilayah operasionalnya tersebut.

"Sejak 2016, memang baru ini ada temuan bakso mengandung babi oleh BBPOM di Pekanbaru," ungkap Vera kepada tribunpekanbaru.com pada Senin (28/8/2017).

Adapun temuan tersebut, didapatkan saat melakukan sidak sekitar Maret 2017 lalu.

Setelah dua kali pengujian di tempat berbeda, pihaknya mendapati hasil positif bahwa Bakso Mekar mengandung DNA babi.

"Hasil pengujian terakhir itu kita terima beberapa hari lalu dari BPOM RI di Jakarta dan hasilnya positif mengandung babi," terangnya.

Pada sidak dilakukan pada Maret 2017 itu, pihaknya juga mendapatkan beberapa temuan lain. Yakni, temuan produk makanan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

"Jadi, kalau produk makanan TMS ini biasanya disebabkan oleh adanya temuan zat kimia makanan berlebihan. Seperti pewarna buatan ataupun pemanis buatan yang kandungannya diluar ketentuan dan lain-lain," pungkas Vera. (*)

Penulis: Syahrul
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved