Bahagiakah Warga Riau? Begini Ulasan Lengkap Stastistik BPS Riau

Khususnya kita sebagai penduduk Riau, apakah tinggal dan hidup disini lebih bahagia dibandingkan tinggal di Papua?

Bahagiakah Warga Riau? Begini Ulasan Lengkap Stastistik BPS Riau
TRIBUNPEKANBARU.COM/FIRMAULI SIHALOHO
Imelda Siboro, Stastisi BPS Riau menyampaikan pandangannya mengenai data indeks Kebahagiaan Riau. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru Firmauli Sihaloho

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Stastisi Badan Pusat Statistik (BPS) Riau, Imelda Siboro menjelaskan secara detail indeks Kebahagiaan yang dirilis pada, Senin (4/9/2017) lalu di Pekanbaru.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bahagia diartikan sebagai keadaan atau perasan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahakan).

Keadaan yang pasti ingin semua orang rasakan, sehingga kita akan berusaha untuk mencapai atau mendapatkan rasa bahagia itu.

Jika ditanyakan apakah kita sudah merasa bahagia dengan keadaan kita saat ini? Tentu harus ada ukuran yang menjadi perbandingan.

Khususnya kita sebagai penduduk Riau, apakah tinggal dan hidup disini lebih bahagia dibandingkan tinggal di Papua?

Atau apakah tinggal di Jakarta dengan segala kelengkapan fasilitas sebagai Ibukota Negara akan lebih bahagia dibandingkan kita yang tinggal di Riau?

Untuk menjawab itu, Kita bisa melihat dari Indeks Kebahagiaan Penduduk menurut Provinsi yang ada di Indonesia yang telah dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Tanggal 4 September 2017 kemarin, Badan Pusat Statistik Provinsi Riau merilis Indeks Kebahagian Provinsi Riau tahun 2017 sebesar 71,89, pada skala 0 -100 yang artinya semakin tinggi nilai indeks menunjukkan tingkat kehidupan penduduk yang semakin bahagia.

Sebaliknya, semakin rendah nilai indeks maka semakin merasa tidak bahagia. Tingkat kebahagiaan penduduk Riau berada di urutan ke-16 dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, sedangkan Provinsi yang paling bahagia dari urutan pertama adalah Maluku Utara kemudian Maluku dan Sulawesi Utara.

Halaman
12
Penulis: Firmauli Sihaloho
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved