Rohul

VIDEO: Komplotan Curanmor Beraksi Hingga Padang Lawas

Anggota Tim Opsnal Polres Rokan Hulu (Rohul) mengungkap banyak fakta jaringan Curanmor lintas provinsi, setelah pelaku

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Donny Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - ‎Anggota Tim Opsnal Polres Rokan Hulu (Rohul) mengungkap banyak fakta jaringan Curanmor lintas provinsi, setelah pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) ditangkap.

Saat ekspose, Kamis (7/9/2017), Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK, MH,‎ melalui Kasat Reskrim Polres Rohul AKP M. Wirawan Novianto‎ SIK, Kawanan pelaku Curanmor‎ lintas provinsi pernah beroperasi di enam lokasi.

Ia menambahakan, enam lokasi tersebut, yakni di Trans Aliaga Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas, Dalu-Dalu Kecamatan Tambusai, dan Kecamatan Ujung Batu.

AKP M. Wirawan mengatakan tersangka M. Adi Pratama alias Pratama (19) ditangkap anggota Tim Opsnal Polres Rohul saat sedang patroli antisipasi C3 (Curat, Curas dan Curanmor) di wilayah Ujung Batu pada minggu (3/9/2017) sekitar pukul 05.00 WIB.

Selanjutnya, warga Ujung Batu Sosa Unit V Trans Aliaga, Kecamatan Huta Raja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas, Sumut ini ditangkap polisi saat sedang mendorong sepeda motor Yamaha Jupiter tanpa Nopol‎ hasil curian di Suka Damai II Desa Pematang Tebih, Kecamatan Ujung Batu, Rohul.

"Saat tim menghampiri dua orang dicurigai itu, salah seorang yang dicurigai kabur, dan yang tertinggal satu orang dicurigai atas nama M. Adi Pratama ditangkap," ungkapnya.

Setelah ditanyakan oleh Tim Opsnal Polres Rohul, tambahnya, tersangka awalnya tidak mengakui bahwa Yamaha Jupiter merupakan hasil curian.

"Namun setelah dilakukan penggeledahan, ditemukan kunci delapan dan kunci L yang sudah ditajamkan, Bagaimana kita ketahui, kunci ini merupakan identik dengan alat yang biasa digunakan untuk melakukan Curanmor," tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskanya, setelah dilakukan pengembangan, tersangka Pratama mengaku ikut melakukan Curanmor bersama rekannya Budi Anduk (residivis), Yamaha Jupiter curian merupakan milik korban Anas (40)‎ petani di Suka Damai II Desa Pematang Tebih, Kecamatan Ujung Batu.

Ia menerangkan, tersangka Pratama mengaku sudah pernah ikut melakukan 6 kali Curanmor, seperti di Trans Aliaga Kabupaten Padang Lawas, Dalu-Dalu Kecamatan Tambusai, dan Kecamatan Ujung Batu.

"Tersangka terancam Pasal 363 ayat 1 butir ke 3, 4, dan 5. Ancaman pidananya maksimal 9 tahun," jelasnya.

AKP. Wirawan menjelaskan, Jupiter Yamaha yang sudah usang milik Anas (40) dicuri saat diparkirkan di halaman rumahnya di Suka Damai II, Desa Pematang Tebih, Kecamatan Ujung Batu, Sabtu (2/9/2017) malam.

Saat korban bangun pada Minggu (3/9/2017)‎ sekitar pukul 03.00 WIB, Yamaha Jupiter yang biasa dipakainya untuk ke ladang dan mengangkut buah kelapa sawit sudah tidak ada di tempat.

"Pelaku biasanya mendapatkan request yang dari ada pemesan, kebetulan informasi yang kita peroleh bahwa barang ini memang dipesan untuk digunakan kendaraan pengangkut melangsir sawit," pungkasnya. (*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved