Breaking News:

Rokan Hulu

Sekda Sebut Pencapaian Realisasi Fisik dan Keuangan Sudah Di Atas 50 Persen.

Dirinya mengaku optimis, realisasi fisik dan keuangan awal Oktober 2017 bisa mencapai 70 persen

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Afrizal
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Donny Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM,PASIRPANGARAIAN- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Ir. Damri Harun mengungkapkan, hingga saat ini, pencapaian realisasi fisik dan keuangan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rohul jelang akhir triwulan III tahun 2017, rata-rata sudah di atas 50 persen.

Dirinya mengaku optimis, realisasi fisik dan keuangan awal Oktober 2017 bisa mencapai 70 persen, sesuai dengan komitmen dan informasi yang disampaikan OPD di rapat realisasi fisik dan keuangan Triwulan III tahun 2017, beberapa waktu lalu.

"Dari data yang disampaikan masing-masing OPD di Pemkab Rohul dan jajarannya, untuk realisasi fisik dan keuangan jelang akhir Triwulan III, umumnya rata-rata sudah capai di atas 50 persen," katanya, jumat (15/9/2017).

Baca: Lebih 100 Ribu Ha Kebun Kelapa di Inhil Rusak, Menurut Perpekindo Penyebabnya Tak Lepas dari Ini

Baca: Diduga Korban Pembunuhan, Wanita Ini Ditemukan Hanya Mengenakan Celana Dalam di Kamar Hotel

Ia menambahakan, dari data realisasi fisik dan keuangan triwulan III diperkirakan akan bertambah di akhir bulan ini. Namun, masih ada beberapa OPD yang masih rendah, dalam artian OPD belum bisa melaksanakan kegiatan yang sudah tertuang di APBD Rohul.

Lebih lanjut dijelaskanya, namun ketersedian anggarannya atau kegitannya itu, sebagian besar berada di triwulan IV, bahkan di triwulan III kegiatan OPD sedang berlangsung atau dilaksanaan. Tentunya, kondisi itu mempengaruhi realisasi fisik keuangan di masing-masing OPD.

"Sejumlah OPD yang masih rendah realisasi fisik dan keuangan, penyebabnya karena kegiatan yang ada sedang berlangsung di triwulan III. Sehingga belum bisa diukur realisasi fisik dan keuangannya. Para kepala OPD optimis, seluruh kegiatan yang dilaksanakan berjalan lancar dan sesuai target," ungkapnya.

Damri berharap, seluruh OPD Rohul yang memiliki kegiatan fisik, agar dapat memanfaatkan kondisi cuaca panas dengan menyelesaikan realisasi kegiatan fisik di lapangan. Karena pencapaian realisasi fisik keuangan di masing-masing OPD sangat mempengaruhi kinerja dari OPD Rohul itu sendiri.

"Pencapaian realisasi kegiatan dan serapan anggaran tahun 2017, sangat menentukan kinerja dan kemampuan dari OPD itu. Jadi manfaatkan waktu yang ada untuk gesa pelaksanaan kegiatan fisik. Kepala OPD harus turun cek ke lapangan apa yang menjadi kendala pada waktu, sehingga nantinya dapat diatasi dengan cepat," terangnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved