Breaking News:

Hasil Sidak di Swalayan Pasirpangaraian, Kembalian Receh Diganti Permen

Banyak laporan yang masyarakat terkait swalayan yang tidak menyediakan uang receh.

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Ariestia
Tribunnews.com/Hendra Gunawan
ilustrasi 

‎Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Donny Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - ‎Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Rokan Hulu bersama pihak Polres Rohul, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) melakukan sidak terhadap swalayan yang ada di Pasirpangaran.

Hal itu menyusul banyaknya laporan yang masyarakat terkait swalayan yang tidak menyediakan uang receh.

Sidak dilakukan pada Jumat (22/9/17) pun mengungkapkan fakta tersebut. Banyak swalayan dan mini market di Pasirpangaraian yang mengembalikan uang koin atau receh menggunakan permen.

"Sedikitnya sembilan swalayan dan mini market disambangi tim gabungan. Dan sebagian besar, pengembalian uang koin masih digantikan permen."

Demikian disampaikan Kepala Disperindag Rohul‎ Sariaman, melalui Kabid Perdagangan Disperindag Rohul Syahruddin S.Sos, Minggu (24/9/2017).

Ia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan sidak serupa, di seluruh kecamatan bersama aparat Kepolisian dan BRI.

Lebih lanjut dijelaskanya, uang kembalian yang diganti permen sudah dilarang‎ pihak Bank Indonesia atau BI, dan melanggar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Bukan hanya swalayan dan mini market saja, terangnya, bahkan ia mengalami sendiri ada toko obat yang mengembalikan uang menggunakan vitamin C.

Syahruddin mengakui, warung-warung kecil atau grosir pun masih banyak ditemukan menggantikan uang kembalian menggunakan permen.

"Ke depan diharapkan hal seperti ini tidak ada ‎lagi di Rokan Hulu. Pihak BRI juga mengakui sudah menyiapkan penukaran uang koin (receh)," ungkapnya.

Syahruddin menyebutkan pihaknya akan membuat pengumuman atau surat edaran ke seluruh Camat agar para pedagang tidak menggantikan uang pengembalian pakai permen lagi.

‎"Kita mengimbau kepada seluruh pelaku usaha, untuk menyediakan uang receh untuk mengembalikan sisa uang belanja konsumen. Uang receh bisa ditukarkan di bank BRI," terangnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved