Breaking News:

Empat Dokter Jadi Pembicara Workshop Kegawatdaruratan Medis TBM FK UR 

workshop ini dibagi menjadi empat kelas, maka didatangkan empat orang dokter untuk menjadi instruktur disetiap kelas.

Empat Dokter Jadi Pembicara Workshop Kegawatdaruratan Medis TBM FK UR 
TribunPekanbaru/Nolpitos Hendri

Laporan Reporter Tribun Pekanbaru, Nolpitos Hendri

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Empat orang dokter dihadirkan untuk menjadi instruktur dalam workshop yang digelar Tim Bantuan Medis (TBM) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Riau (UR) pada rabu (27/9) di gedung FK UR Jalan Diponegoro.

Ketua Panitia Pelaksana Workshop, Lelly Fatimah kepada Tribunpekanbaru.com menyebutkan, workshop ini dibagi menjadi empat kelas, maka didatangkan empat orang dokter untuk menjadi instruktur disetiap kelas.

Kelas pertama, membahas tentang airway and breathing management. Pada kelas pertama ini membahas tentang bagaimana caranya menangani gangguan jalan nafas dengan menggunakan beberapa cara. Selain membahas tentang gangguan jalan nafas, pada kelas ini juga membahas tentang bagaimana cara menangani pasien dengan keadaan henti jantung dengan menggunakan teknik RJP. Pada kelas airway and breathing iniinstrukturnya dr Dino Irawan SpAn. Kelas ini diikuti oleh 27 peserta yang merupakan mahasiswa dari FK UR.

Kelas kedua membahas tentang hecting. Instruktur pada kelas ini adalah dr Fachrul Hendra SpBP-RE. Kelas ini membahas bagaimana cara menjahit luka yang benar dan karakteristik luka yang dapat ditangani dengan menggunakan hecting. Kelas hecting ini diikuti oleh 50 orang  peserta yang merupakan mahasiswa dari FK UR.

Kelas ketiga, membahas tentang sirkulasi dan pemasangan kateterisasi. Pada kelas ketiga ini membahas bagaimana mekanisme pemasangan infus serta apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan infus. Selain pemasangan infus, pada kelas ini juga dibahas tentang bagaimana cara pemasangan kateterisasi pada wanita dan pria. Tidak hanya cara pemasangan, hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan kateterisai juga sangat di tekankan pada kelas ini. Instruktur pada kelas ini adalah dr Zuhirman SpU. Kelas ini diikuti oleh 50 orang peserta yang merupakan mahasiswa dari FK UR.

Kelas keempat, membahas tentang Medical Evacuation (medevac). Berbeda dengan kelas-kelas lain, kelas medevac ini membahas tentang bagaimana cara melakukan evakuasi pada korban dan apa saja yang perlu diperhatikan pada saat melakukan evakuasi pada korban. Pada kelas ini juga dibahas tentang teknik pembidaian yang tepat untuk kasus yang membutuhkan teknik pembidaian. Instruktur pada kelas ini adalah dr Mulyadi SpBP-RE. Kelas ini diikuti oleh 15 orang peserta yang merupakan mahasiswa FK UR. (nol)

Penulis: Nolpitos Hendri
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved