Tim Teknis Temukan Kondisi Kebun Kopsa-M Seperti Ini

Penilaian teknis melibatkan tim dari Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kampar dan Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah.

Tim Teknis Temukan Kondisi Kebun Kopsa-M Seperti Ini
Tribun Pekanbaru/ Fernando Sihombing
Penilaian Teknis Kopsa-M - Tim mengamati kondisi kebun 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Fernando Sihombing

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Penyelesaian polemik di Koperasi Petani Sawit Makmur (Kopsa-M) Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu terus menunjukkan perkembangan.

Penilaian Teknis kondisi kebun sedang berlangsung.

Senin (30/10/2017) adalah hari kelima penilaian teknis berjalan. Penilaian teknis melibatkan tim dari Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kampar dan Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah.

Pengurus dan anggota koperasi serta pihak PT. Perkebunan Nusantara V ikut mengkawal penilaian teknis. PTPN V adalah bapak angkat koperasi dalam kerja sama berpola kemitraan Koperasi Kredit Primer untuk Anggota (KKPA) tersebut.

Sekretaris Disbunnak Keswan Kampar, Arman mengungkapkan, koperasi mengajukan lahan yang dinilai seluas 1.650 hektare. Ia belum bisa memastikan kapan penilaian teknis akan berakhir mengingat lahan yang begitu luas.

Arman mengemukakan, tim mendapati kebun yang tak dapat dinilai. Pasalnya, kondisi gulma atau rumput liar yang tumbuh membumbung tinggi di sela-sela bahkan pada batang Kelapa Sawit. Namun ia belum bisa menyebutkan luasan lahan dengan kondisi demikian.

"Kalau tidak bisa dinilai, langsung dibuat tidak bisa dinilai," kata Arman, Senin sore. Ia mengatakan, kebun yang tidak laik diartikan jika tidak mungkin berproduksi lagi. "Kalaupun dilanjutkan, biaya perawatannya sudah tidak ekonomis lagi," katanya. (*)‎

Penulis: Fernando Sihombing
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved