Pimpin Lapas Bangkinang, Herry Fokus Benahi Internal Tangkal Narkoba

Herry tidak menampik banyaknya peredaran narkoba yang dikendalikan dari balik jeruji.

Pimpin Lapas Bangkinang, Herry Fokus Benahi Internal Tangkal Narkoba
TRIBUNPEKANBARU.COM/DODDY VLADIMIR
Sebanyak 54 tahanan Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Pekanbaru, Sabtu (6/5/2017). Tujuan pemindahan itu untuk mengurangi kelebihan kapasitas yang saat ini terjadi di Rutan Klas IIB tersebut. (Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir) 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Fernando Sihombing

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Kasus Narkoba menjadi perhatian Herry Suhasmin memimpin Lembaga Pemasyarakatan Bangkinang. Ia mengaku prihatin dengan maraknya kasus narkoba.

Herry tidak menampik banyaknya peredaran narkoba yang dikendalikan dari balik jeruji. Hal ini, kata dia, perlu pembenahan di internal Lembaga Pemasyarakatan.

"Saya fokus pembenahan organisasi dululah. Kita harus satu kata (sependapat memberantas narkoba)," ungkap Herry, Senin (6/11/2017). Ia menegaskan, pegawai atau bawahannya harus sepakat untuk sama-sama memerangi narkoba.

"Harus ada kesepakatan dari anggota. Bahwa sama-sama tidak ikut dalam narkoba. Kalau anggota tidak sepakat, susah itu," ujar Herry. Ia mengatakan, semangat memberantas narkoba tidak bisa hanya ada pada dirinya sebagai pemimpin saja.

Herry mengemukakan, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau sudah dengan tegas menyatakan sanksi tegas kepada pegawai yang terlibat narkoba. "Kalau terbukti terlibat, langsung intruksikan pecat," tandasnya.

Herry menyebutkan, Lapas Bangkinang dihuni paling banyak pesakitan dari kasus narkoba. Ia memperkirakan tak kurang 75 persen dari 980 orang warga Lapas.

Menurut Herry, Kemenkumham memang memberi perhatian sangat besar terhadap kasus narkoba. Buktinya, sekarang sedang dibangun Lapas khusus Narkoba di Muara Fajar, Rumbai Kota Pekanbaru.

Diperkirakan akan mulai beroperasi pada 2019. "Nanti tahanan narkoba dari semua kabupaten/kota dikumpulkan di sana. Di sana juga ada rehabilitasi," ujar Herry.‎ (*)

Penulis: Fernando Sihombing
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved