Puluhan Siswa SMA Pekanbaru Ikuti Olimpiade Kepahlawanan

Dinas Sosial Provinsi Riau menggelar kegiatan Olimpiade Pahlawan di Hotel Resti Menara pada Senin (13/11/2017).

Puluhan Siswa SMA Pekanbaru Ikuti Olimpiade Kepahlawanan
Tribun Pekanbaru/ Syahrul Ramadhan
Suasana pembukaan Olimpiade Kepahlawanan oleh Kadinsos Provinsi Riau Dahrius Husin. 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syahrul Ramadhan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dinas Sosial Provinsi Riau menggelar kegiatan Olimpiade Pahlawan di Hotel Resti Menara pada Senin (13/11/2017).

Kegiatan yang diikuti oleh 60 peserta dari sejumlah sekolah di Kota Pekanbaru itu dibuka langsunv oleh Kadinsos Provinsi Riau Daharius Husin.

Disampaikan oleh Ketua Panitia Harisman, olimpiade kepahlawana itu mengambil tema 'Mari kita tingkatkan pengetahuan, kepahlawanan untum mempertebal rasa kebangsaan'.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan agar semangat kepahlawanan dapat tersosialisasi dengan baik kepada para siswa dan generasi muda pada umumnya,' ungkap Harisman.

Disampaikannya juga, seluruh peserta merupakan undangan dari Dinsos Provinsi Riau yang dikumpulkan berdasarkan rekomendasi tim ahli yang sudah melakukan seleksi.

"Berdasarkan rekomendasi dari Disdik, kita kemudian mengirimkan undangan kepada sekolah-sekolah untuk mengirimkan peserta," paparnya.

Terpisah, Kadinsos Provinsi Riau Dahriua Husin menjelaskan, kegiatan yang dibuat oleh pihaknya tak hanya bermuatan kompetisi saja.

Tapi juga nilai-nilai pengetahuan tentang kepahlawanan dan keikhlasanan bisa diambil dari peran kepahlawanan dalam proses kemerdekaan.

"Saya berterimakasih kepada sekolah-sekolah yang sudah mengirimkan pesertanya untuk terlibat dalam Olimpiade Kepahlawanan ini," kata Dahrius.

Menurutnya, ada perbandingan yang sangat jelas antara zamannya menjadi siswa dengan generasi muda hari ini.

"Generasi kamu adalah generasi tiga zaman. Dimana kami hidup dan besar tidak jauh setelah kemerdekaan," ucapnya.

"Lalu, kami juga mengalami fase orde baru hingga zaman teknologi seperti sekarang. Tentunya, cara kami memahami kepahlawanan akan berbeda dengan generasi muda sekarang," paparnya kemudian.

Dia berharap, dengan adanya olimpiade kepahlawanan dapat menularkan semangat kebersamaan dalam memperjuangkan kemerdekaan kepada bangsa dan negara.

"Paling tidak, generasi muda memiliki semangat menjaga kemerdekaan untuk berbuat lebih banyak bagi bangsa dan negara," tutupnya. (Mad)

Penulis: Syahrul
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved