Festival TNTN, Semangat Membangkitkan Budaya Lokal yang Hampir Punah

Festival Tesso Nilo 2017, di Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) Kabupaten Pelalawan resmi digelar 22-24 November 2017

tribunpekanbaru/theorizky
Mahout tengah memandikan gajah di Balai TNTN beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Theo Rizky

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Festival Tesso Nilo 2017, di Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) Kabupaten Pelalawan akan resmi digelar pada tanggal 22-24 November 2017 mendatang.

Festival perdana tersebut rencananya akan dihadiri oleh seluruh kepala balai taman nasional se Indonesia, seluruh kepala balai konservasi sumber daya alam se Indonesia serta pihak Kementerian Lingkungan Hidup.

Hal ini disampaikan Kepala Balai TNTN Supartono saat konfrensi pers di Pekanbaru, Senin (20/112017).

Dijelaskan Supartono, kegiatan tersebut berangkat dari keinginan mengangkat potensi yang ada di TNTN, bukan hanya potensi hutan tropis dan gajahnya, namun juga budaya lokal yang jarang diketahui.

Baca: Prostitusi. . . Merupakan Mata Pencaharian Utama Penduduk di Pulau Ini

Baca: Lihat Foto Sandra Dewi Santap Makanan Kecokelatan dari Popok, Netizen Sibuk Menebak Hal Ini

“Saya ngobrol ke masyarakat, ternyata ada budaya masyarakat lokal yang hanya ada di Pelalawan dan hampir punah, seperti nyanyian panjang, bahkan nyanyian itu sudah diterapkan Kemenristekdikti sebagai warisan budaya tak benda, ini potensi luar biasa dan tidak ada yang mengangkat, yang bisa menyanyikan ini cuma tiga orang, nyanyian ini  menceritakan tentang pembagian lahan pemukiman, garapan, cadangan dan untuk lindung, ini konsepnya luar biasa,” kata Supartono.

Menurut dia, nyanyian panjang ini nantinya akan dilombakan dalam festival itu, namun dalam tataran anak muda, hal ini dilakukan agar dapat menggungah kembali masyarakat asli di sana, bahwa mereka punya budaya seperti ini.

Selain itu, akan diadakan juga lomba Pencak Silat Pangean, pembuatan gelanggang pencak silat tradisional itu sudah dua hari yang lalu dibuat dengan menggunakan ritual-ritual tertentu.

Halaman
12
Penulis: Theo Rizky
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved