Tanpa Izin Lingkungan, Dinas PMPTSP Dumai Akui Tak Seharusnya IMB Terbit

Menurutnya, sesuai prosedur pengurusan IMB, UKL-UPL dan Amdal Lalin secara pararel. Seluruhnya bisa terbit dengan bersamaan.

TribunPekanbaru/Fernando Sikumbang
Petugas Satpol PP Dumai sempat menyegel bangunan milik PT.Platinum Sinar Gemilang di Jalan Patimura, Kota Dumai beberapa waktu lalu. Bangunan ini ada dugaan belum kantongi izin lingkungan. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Fernando Sikumbang

TRIBUNPEKANBARU.COM,DUMAI - Ada dugaan terbitnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) milik PT.Platinum Sinar Gemilang di Dumai tak sesuai prosedur. Pengelola bisa memperoleh IMB tanpa mengurus Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup atau UKL-UPL. Pengelola bangunan berlantai enam untuk usaha hotel kini memiliki IMB dengan nomor 199/IMB-S/DPM & PTSP/2017 tanpa mengantongi izin lingkungan.

Informasi yang diterima Tribun, ada dugaan Pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Dumai sudah melabrak Peraturan Pemerintah RI No. 27 tahun 2012 tentang Izin Lingkungan dan Undang-Undang No.32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH). Sesuai aturan ini IMB bisa terbit setelah adanya surat keterangan kelayakan lingkungan. Hal ini menjadi dasar penerbitan IMB

Pihak DPMPTSP Dumai mengakui Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tak bisa terbit tanpa adanya izin lingkungan. IMB tak bisa terbit tanpa adanya UKL-UPL dan Amdal Lalin. Keduanya menjadi syarat memperoleh izin usaha yang wajib Amdal seperti usaha perhotelan.

"Seharusnya tanpa UKP-UPL, IMB tak bisa terbit. Tapi pengusaha sudah ingin membangun, maka terpaksa diterbitkan dulu," ujar Kepala DPMPTSP Dumai melalui Kabid Perizinan dan Non Perizinan, Said Effendi, Selasa (21/11/2017).

Menurutnya, sesuai prosedur pengurusan IMB, UKL-UPL dan Amdal Lalin secara pararel. Seluruhnya bisa terbit dengan bersamaan.

Said mengaku saat ini baru proses pembangunan.

"Setelah beroperasi pengelola juga mengurus Tanda Daftar Usaha Pariwisata atau TDUP," paparnya.(fer)

Penulis: Fernando
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved