Masih Pakai Pola Lama, Peringatan Spillway Gate Dibuka dari Waduk PLTA Koto Panjang Dikeluhkan

Belajar dari pengalaman yang lalu, peringatan dikeluhkan tidak sampai kepada masyarakat secara merata.

Masih Pakai Pola Lama, Peringatan Spillway Gate Dibuka dari Waduk PLTA Koto Panjang Dikeluhkan
Instagram/plta koto panjang
DAM PLTA Koto Panjang yg memotong aliran sungai Kampar Kanan. Bisa membangkitkan energi listrik 38 MW x 3 unit dengan total 114 MW 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Sistem peringatan (warning system) dari pengelola Waduk PLTA Koto Panjang sering dikeluhkan warga. Peringatan itu apabila pintu buangan (spillway gate) dibuka dan air waduk melimpah ke aliran Sungai Kampar sisi hilir.

Belajar dari pengalaman yang lalu, peringatan dikeluhkan tidak sampai kepada masyarakat secara merata. Pembukaan spillway gate akan disusul dengan naiknya elevasi Sungai Kampar. Maka tak jarang menyebabkan banjir karena sungai meluap.

Seperti diketahui, selama ini peringatan disebarluaskan melalui surat dan diumumkan dari fasilitas umum seperti Masjid atau Mushallah. Peringatan dikeluarkan jika tinggi elevasi waduk telaj mencapai batas maksimal.

Manajer Pusat Listrik Unit Pembangkit Waduk Koto Panjang, M. Rusdi menyatakan, pihaknya masih menggunakan pola lama itu.‎ "Kita tetap bagi selebaran. Terus diumumkan dari rumah-rumah ibadah. Menurut kami lebih efektif," ungkapnya, Rabu (29/11/2017).

Ia mengatakan, pihaknya bukan tidak pernah menggunakan sistem lain. Di akhir era 1990-an, peringatan pernah disebar melalui siaran atau audio dari warning station. Pihaknya kala itu membangun 10 warning station yang tersebar di sisi kiri dan kanan Sungai Kampar. Mulai dari Rantau Berangin sampai Batu Belah, Kecamatan Kampar.

"Tapi efeknya malah tidak baik. Justru menimbulkan kepanikan pada warga," jelas Rusdi. Selain itu, tidak semua warga mendengar. "Misalnya pas di pasar, (pengumuman) nggak dengar," imbuhnya. (*)

Penulis: Fernando Sihombing
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved