Breaking News:

Bengkalis

Jelang Pemilu 2019 KPU Gelar Sosialisasi Penyusunan Dapil

Sosialisasi tahap awal dilakukan KPU Bengkalis di Hotel Marina Bengkalis, Sabtu (16/12/2017) kemarin.

tribunpekanbaru/Muhammad Natsir
Ketua KPU Bengkalis Defitri Akbar Memimpin Sosialisasi Penyusunan Dapil Pemilu 2019 mendatang, Sabtu (16/12/2017) 

Laporan Wartawan Tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS- Jelang Pemilihan Umum tahun 2019 mendatang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkalis memulai mensosialisasikan penyusunan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi untuk pemilihan Legestatif 2019.

Sosialisasi tahap awal dilakukan KPU Bengkalis di Hotel Marina Bengkalis, Sabtu (16/12/2017) kemarin.

Ketua KPU Bengkalis Defitri Akbar menjelaskan, sosialisasi tahap awal ini dilakukan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat, sekaligus mendapatkan masukan tentang penyusunan Dapil dan Alokasi Kursi untuk tahun 2019 mendatang.

"Untuk sosialisasi tahap awal ini diikuti sejumlah SOPD, pengurus Partai Politik, Akademisi, tokoh masyarakat, dan Ormas. Pada pertemuan kemarin baru pengantarnya saja, namun kedepan akan ada pertemuan lanjutan,dimana kita akan menyiapkan beberapa draft keputusan KPU tentang dapil dan alokasi kursi" ungkap Pria akrab disapa Dedek ini, Minggu, (17/12/2017) Pagi.

Menurut Dedek, dalam penataan daerah pemilihan Pemilu 2019 setidaknya harus memenuhi beberapa prinsip.

Prinsip dimaksud terdiri dari kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integritas wilayah, coterminus (berada pada cakupan wilayah yang sama), kohesivitas, dan kesinambungan dengan Pemilu sebelumnya.

Lanjut pria bekaca mata ini, Pada Pemilu sebelumnya ada semacam ketidaksetaraan nilai suara.

Sebagai contoh, untuk mendapatkan satu kursi di DPRD, calon anggota DPRD Bengkalis dari Mandau harus mendapatkan suara yang lebih besar bila dibandingkan dengan kecamatan lain, seperti daerah Rupat Utara.

“Jadi tak seimbang, sama-sama dapat satu kursi tapi calon dari Mandau butuh perjuangan yang lebih besar,” ujarnya lagi.

Terkait dengan estimasi jumlah kursi di setiap kecamatan, berdasarkan simulasi yang dilakukan, untuk Kabupaten Bengkalis total jumlah kursi di DPRD sebanyak 45 kursi.

Sebanyak 45 kursi mengacu kepada jumlah penduduk per kecamatan.

"Maka berdasarkan simulasi, untuk Kecamatan Bengkalis 7 kursi, Bantan 3 kursi, Bukit Batu 2 kursi, Siak Kecil 2 kursi, Mandau 12 kursi. Selanjutnya Pinggir 5 kursi, Rupat 3 kursi, Rupat Utara 1 kursi, Bandar Laksamana 1 kursi, Bathin Solapan 7 kursi dan Talang Muandau 2 kursi.(*)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved