Bang Andi Menyapa

Membuka Keterisolasian di Provinsi Riau Sekaligus Jalur Antar Provinsi

Pembangunan akses jalan dan jembatan diharapkan bisa memperlancar arus orang dan barang. Sehingga roda perekonomian bisa berjalan lancar dan efisien.

Membuka Keterisolasian di Provinsi Riau Sekaligus Jalur Antar Provinsi
Bang Andi Menyapa 

PEMBANGUNAN infrastruktur jalan dan jembatan merupakan program prioritas Pemerintah Provinsi Riau. Berbagai pembangunan untuk merangkai kabupaten menghubung antar provinsi, telah dilaksanakan.

Pekan lalu, saya secara langsung turun ke lapangan, untuk melihat progres pembangunan infrastruktur di sejumlah daerah.

Dalam kunjungan ke Kabupaten Rokan Hulu, saya meresmikan penggunaan jembatan Sei Mentawai Desa Cipang Kiri Kecamatan Rokan Empat Koto Kabupaten Rokan Hulu. Jembatan ini menjadi penghubung dan pembuka keterisoliran antara masyarakat di perbatasan Kabupaten Rokan Hulu dengan Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Lima Puluh Koto Sumatera Barat.

Jembatan tipe B dengan spesifikasi panjang 50 meter dan lebar 6 meter di bangun dengan pembiayaan tahun jamak tahun 2016 dan 2017 dari APBD Provinsi Riau dengan anggaran Rp 4,5 miliar (2016) dan 6,5 miliar tahun 2017. Jadi total 11,1 miliar.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Riau juga menyiapkan sejumlah infrastruktur di Kecamatan Rokan IV Koto, seperti pembangunan ruas jalan Ujung Batu hingga batas Pasaman, Sumatera Barat. Kemudian pembangunan jembatan Sumpur Desa Tibawan dan Jembatan Rokan yang sudah lebih dulu diresmikan.

Kemudian saya ke Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Saya melihat secara langsung akses jalan sepanjang 81 KM dari simpang Kuntu sampai ke perbatasan Riau dengan Payakumbuh, Sumatera Barat. Jalan tersebut bisa jadi rute alternatif Riau selatan menuju Sumbar.

Jadi di samping dari Taluk Kuantan menuju Sumbar, maka perlu dilakukan peningkatan ruas infrastruktur alternatif dan mendorong perekonomian masyarakat sekitar. Akan ada efisiensi waktu, kalau pakai rute jalan tersebut.

Pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Rokan Hulu dan Kampar ini merupakan di antara Proyek pembangunan infrastruktur yang dibiayai APBD Provinsi Riau. Pembangunan akses jalan dan jembatan diharapkan bisa memperlancar arus orang dan barang. Sehingga roda perekonomian bisa berjalan lancar dan efisien. Berdampak banyak atau multiplier effect untuk pertumbuhan ekonomi. (*)

Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved