Video: Pamerkan Karya Sampai ke Thailand, Perbani Tingkatkan Ekonomi Warga TNTN

Ada empat kegiatan pokok mereka yakni, pembibitan, anyaman, kuliner, dan seni dan budaya.

TribunPekanbaru/Guruh Budi Wibowo
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Pekanbaru, Nolpitos Hendri

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Pundi Sumatera bersama Yayasan Taman Nasional Tesso Nilo (YTNTN) yang disupport Tropical Forest Conservasi Action, membina kelompok Perempuan Batang Nilo (Perbani) untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan TNTN.

Kelompok ini beranggotakan 25 orang perempuan dengan berbagai kegiatan.

Ada empat kegiatan pokok mereka yakni, pembibitan, anyaman, kuliner, dan seni dan budaya.

Anggota Kelompom Perbani, Inelda kepada Tribunpekanbaru.com pada Rabu (27/12) menyebutkan, kelompok ini berdiri sejam tahun 2015 lalu.

"Khusus anggota yang mengelola anyaman, telah memamerkan produk hasil karya kami hingga ke Thailand. Ini dalam rangka promosi. Anyaman ini dengan bahan baku pandan, dibuat tas, tikar, sendal, mainan kunci, dan lainnya," ungkap Inelda.

Sedangkan Rena dibagian pembibitan menambahkan, khusus untuk pembibitan, ada berbagai tumbuhan yang dibibitkan yang bisa ditanam di sekitar TNTN.

"Saat ini kami sedang membibitkan kabau sejenis jengkol, matoa, cempedak, rambutan, jengkol, kemiri, durian, jambu bol, asam kandis, rambai, dan durian kolonial atau sirsak," ungkap Rena.

Fasilitator Wilayah Sumatera Pundi Sumatera, Damsir kepada Tribunpekanbaru.com menyebutkan, program ini merupakan cara untuk mengantisipasi perambahan hutan TNTN yang kini tinggal sekitar 20 ribu hektar lebih dari luas sesungguhnya 83 ribu hektar lebih.

"Kami bersama YTNTN.yang disupport Tropical Forest Conservasi Action membina masyarakat sekitar guna meningkatkan ekonomi mereka. Selain Perbani, kami juga membina budidaya madu kelulut, dan home stay. Segera akan dilaksanakan ekowisata bekerjasama dengan pihak TNTN," jelas Damsir. (*)

Penulis: Nolpitos Hendri
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved