Bakal Calon Punya Waktu 3 Hari untuk Melengkapi Persyaratan dan Ditetapkan Menjadi Calon

Usai penyerahan berkas hasil tes kesehatan, yang semua bakal calon dinyatakan memenuhi syarat

Bakal Calon Punya Waktu 3 Hari untuk Melengkapi Persyaratan dan Ditetapkan Menjadi Calon
Tribun Pekanbaru/ Alex
penyerahan berkas hasil tes kesehatan oleh komisioner KPU Riau, Ilham M Yasir kepada perwakilan tim Lukman Edy-Hardianto (kemeja putih) 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -- Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau langsung memberikan ruang bagi tim bakal calon gubernur dan wakilnya gubernur Riau untuk berkonsultasi, terkait berkas calon yang masih belum dilengkapi, usai menyerahkan hasil tes kesehatan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Riau kepada tim, di kantor KPU Riau, Rabu (17/1/2018).

Usai penyerahan berkas hasil tes kesehatan, yang semua bakal calon dinyatakan memenuhi syarat, para tim yang sudah menerima berkas tersebut langsung menuju masing-masing ruangan yang sudah ditinjuk pihak KPU, untuk melengkapi apa syarat hang masih kurang selanjutnya.

Komisioner KPU Riau, Ilham M Yasir mengatakan, masing-masing bakal calon masih diberikan waktu untuk memperbaiki dan melengkapi berkas calon yang masih kurang, hingga paling lambat tanggal 20 Januari 2018 ini.

Jika ada salah satu syarat yang tidak terpenuhi, maka nantinya bakal calon dianggap tidak memenuhi syarat, dan pihak KPU Riau akan berkoordinasi dengan pihak partai pengusung, untuk mengganti bakal calon yang bersangkutan, karena dia tak bisa ditetapkan nantinya sebagai calon.

Sejauh ini, diakui Ilham, hampir belum ada bakal calon yang sudah menyerahkan secara lengkap berkas pencalonan, dan masih butuh melengkapi. Karena itu, pihaknya sudah memberikan data terkait apa-apa saja syarat yang belum terpenuhi oleh bakal calon tersebut.

Namum diakuinya, untuk syarat kesehatan, keempat pasang bakal calon sudah memenuhi syarat, dan tinggal memenuhi syarat yang lainnya, misalnya LHKPN, legalisir ijazah, KTP, SKCK, dan syarat lainnya.

Namun Ilham mengaku tidak bisa merincikan apa saja syarat kekurangan yang belum dipenuhi pasangan bakal calon tersebut.

"Hampir semua bakal calon gubernur dan wakil gubernur ada yang kurang berkasnya dan perlu perbaikan dan dilengkapi, tapi kami tidak bisa merinci apa saja yang sudah dan yang belum dilengkapi, karena masih proses semua," kata Ilham kepada Tribun.

Ia juga mengatakan, sesuai dengan tahapan, penyerahan berkas hasil tes kesehatan tersebut dijadwalkan pada tanggal 17 hingga 18 Januari 2018, namun pihaknya sengaja mengambil jadwal lebih awal, agar bakal calon bergerak lebih cepat untuk memperbaiki berkas calon yang kurang, dan masih ada waktu untuk memperbaiki.

Ada pun jadwal penetapan calon nantinya adalah dilakukan pada 12 Februari 2018 mendatang, dan langsung pengundian nomor urut pada 13 Februari 2018. (ale)

Penulis: Alex
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved