Breaking News:

Nama KUD Telah Diajukan, Pemkab Kampar Masih Tunggu Kepastian Penerima Program PSR

Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kampar telah mengusulkan calon penerima bantuan

Penulis: Fernando Sihombing | Editor:
TribunPekanbaru/Syaiful Misgiono

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Fernando Sihombing

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kampar telah mengusulkan calon penerima bantuan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dari Pemerintah RI. Namun masyarakat yang akan menerimanya belum dapat dipastikan.

Disbunnak Keswan memang telah mendata potensi kebun Kelapa Sawit rakyat yang dapat terealisasi tahun ini. "Tapi masih sebatas usulan. Belum ada keputusan yang mana saja yang dapat (bantuan PSR)," kata Kepala Disbunnak Keswan Kampar, Bustan, Senin (22/1/2018).

Bahkan Koperasi Unit Desa Mekar Sejahtera di Desa Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja yang sudah didata terealisasi tahun 2017 pun, Bustan belum berani menjamin bantuan pasti cair tahun ini. Walaupun dalam data Disbunnak Keswan, bantuan sedang dalam proses pencairan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS).

"Kalau sudah terealisasi, pasti dilaunching nanti," katanya. Menurut dia, KUD tersebut akhirnya melakukan peremajaan secara swadaya karena pencairan bantuan terlalu lama.

Bustan menjelaskan, pihaknya hanya berwenang memverifikasi usulan yang diajukan KUD. Kemudian, hasil verifikasi disampaikan kepada Tim Khusus di Provinsi. Selanjutnya penerima bantuan yang memenuhi syarat ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

"Banyak syaratnya. Ribet. Verifikasi suratnya (SHM) dulu, siapa-siapa orangnya," kata Bustan. Kesimpulannya, belum satupun KUD yang diajukan telah pasti akan menerima bantuan PSR tahun ini. "Yang di Rohul (Rokan Hulu) juga gitu," tandasnya.

Merujuk data Disbunnak Keswan Kampar, kebun Sawit yang berpotensi dapat terealisasi tahun ini seluas 1.800 hektare untuk 717 Kepala Keluarga. Terbanyak di lima desa perbatasan Kampar dengan Rokan Hulu. Nama KUD telah direkomendasikan ke Tim Khusus Provinsi. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved