Advertorial

Gubernur Andi Rachman Serius Wujudkan Riau Terang

Ditargetkan pada tahun 2019 mendatang tidak ada lagi desa yang tidak di aliri listrik.

Gubernur Andi Rachman Serius Wujudkan Riau Terang
ist
Gubernur saat Tinjau Pembangkit listrik di Kabupaten Rokan Hulu Jumat (26/1/2018). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Target Pemerintah Provinsi Riau untuk mengalirkan listrik ke seluruh desa se Provinsi Riau mulai diwujudkan pada tahun 2017 silam. Dan ditargetkan pada tahun 2019 mendatang tidak ada lagi desa yang tidak di aliri listrik.

Pada hari ulang tahun Riau ke 60, yang diperingati pada tanggal 9 Agustus lalu. Pemprov Riau melaunching, "Riau Terang", dimana secara simbolis dilakukan peresmian jaringan listrik yang dibangun oleh Pemprov Riau, melalui Program Riau Terang, di 17 listrik pedesaan, pada 6 Kabupaten di Riau.

Ke 17 listrik pedesaan pada 6 kabupaten, yang telah dialiri listrik 100 persen diantaranya, Kepenuhan Raya, Kabupaten Rokanchulu, Kepenuhan Baru, kabupaten Rohul, Kepenuhan Makmur, kabupaten Rohul. Kepenuhan Sejati, Kabupaten Rokan Hulu, Kepulaun sungai Median Kabupaten Rohul, Sungai Kuti Kabupaten Rohul, Rimba Jaya, Kabupaten Rohul.

Desa Rantau Kasih, Kabupaten Kampar, Kuala Lala Kabupaten Indragiri Hulu, Tanjung Danau, Kabupaten Indragiri Hulu, Deaa Tanjung Pauh, Kabupaten Kuansing, Pematang Damar, Kabupaten Rokan Hilir, Kasang Bangsawan Kabupaten Rohil.cDesa Batu Gajah Kabupaten  Kampar, Kepayang Kabupaten Rohul, desa Simpang Jaya Kabupaten Inhil, Pasir Morong, Kabupaten Inhu.

Selain 17 Desa Pemprov Riau melalui Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) juga mengaliri listrik di dua destinasi wisata, yakni, di Pantai Solop, Pulau Cawan, Kabupaten Inhil, PLTS 30 Kwp. Dan di kawasan wisata Candi Muara Takus dengan jaringan PLN.

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, mengatakan, Pemerintah Provinsi Riau tetap berkomitmen memenuhi target listrik masuk desa mencapai 100 persen. Di setiap tahun harusa ada peningkatan, di seluruh Kabupaten Kota.

"Kebutuhan listrik masuk desa di Riau memang sesuai dengan yang kita harapkan, di setiap tahunnya ada peningkatan. Di tahun depan kita mengharapkan listrik di setiap desa sudah ada di Riau," kata Gubri.

Dijelaskan Gubri, dengan telah dialirinya listrik di seluruh desa yang ada di Riau, akan mendorong sektor-sektor yang ada di desa. Sebagai contoh semakin meningkatnya, pembangunan ekonomi, pendidikan, dan keagamaan.

"Selain itu juga dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia, agar anak-anak kita punya kualitas yang bagus, tentu membutuhkan listrik. Apalagi sekarang dalam menggunakan IT, yang sudah masuk kemana-mana di dunia ini, itu anak-anak kita dan masyarakat tentu untuk memenuhi perlu sarana listrik," ungkapnya.

Ditegaskan Gubri, Pemprov Riau tidak hanya mencari listrik hanya masuk ke satu Desa, kemudian hanya menyala di satu tempat. Namun listrik tersebut harus menyala dan tersebar ke seluruh rumah dan fasilitas desa lainnya.

Halaman
123
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved