Ada 9 Kasus Dana Desa Bermasalah, Inspektorat Tahun Ini Turun Pantau Kades

Tahun ini, Provinsi Riau menyalurkan anggaran bantuan keuangan Desa ke 2.592 Desa di Riau yakni anggarannya Rp 100 juta Perdesa.

Ada 9 Kasus Dana Desa Bermasalah, Inspektorat Tahun Ini Turun Pantau Kades
berita eksklusif dana desa jadi sasaran korupsi kiri kanan minta setoran 

Laporan Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kepala Inspektorat Provinsi Riau Evandes fajri mengatakan tahun ini pihaknya akan turun ke lapangan memantau Kepala Desa dalam menjalankan Dana Desa. Hal ini sesuai dengan perjanjian kerjasama di Kemendagri.

"Tahun ini mulai kami akan langsung memantau penyelenggaraan dana Desa hingga ke tingkat Desanya, karena dalam kerjasama di Kementerian Dalam negeri kami ikut memantau, "ujar Evandes fajri kepada Tribun Minggu (28/1).

Inspektorat akan turun bersama Kejaksaan dan Kepolisian Republik Indonesia, adapun upaya yang dilakukan lebih kepada pencegahan terjadinya penyelewengan anggaran.

"Selain pendampingan kami juga memberikan sosial kepada penyelenggara Desa, bagaimana agar dana Desa tidak diselewengkan. Dan dijalankan sesuai dengan aturan, "ujar Evandes.

Tahun 2017 silam, Inspektorat memang ikut juga memantau Dana desa, hanya saja sampai ke tingkat Inspektorat Kabupaten dan menghimpun laporan di Kabupaten. Namun berbeda tahun ini turun langsung.

"Bagaimana agar kami juga langsung memantau di tingkat Desa dan tidak hanya di Kabupaten, "jelasnya.

Apalagi tahun ini, Provinsi Riau juga menyalurkan anggaran bantuan keuangan Desa ke 2.592 Desa di Riau yakni anggarannya Rp100 juta Perdesa. Sehingga sekaligus memantau anggaran tersebut.

"Provinsi kan ada juga menganggarkan Dana untuk Desa, selain dari pusat dan Kabupaten, "ujar Evandes.

Sejauh ini baru ada 9 kasus Kepala Desa yang dinyatakan bermasalah menjalankan dana Desa, dan harapan Inspektorat jangan sampai banyak Kades yang penjara karena Dana Desa ini.

Halaman
123
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved