Gerhana Bulan Total

Pengamatan Gerhana Bulan di Indonesia Ada di 21 Titik

Sebanyak 21 titik disiapkan untuk mengamati fenomena langka super blue blood moon yang akan terjadi pada 31 Januari 2017 mendatang.

Pengamatan Gerhana Bulan di Indonesia Ada di 21 Titik
Tribun Pekanbaru/Melvinas Priananda
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Warta Kota, Junianto Hamonangan

TRIBUNPEKANBARU.COM -- Sebanyak 21 titik disiapkan untuk mengamati fenomena langka super blue blood moon yang akan terjadi pada 31 Januari 2017 mendatang.

Sementara khusus di Jakarta, ada tujuh tempat yang disiapkan untuk lokasi pengamatan.

“Kami menyampaikan beberapa lokasi, antara lain Boscha, Ancol, dan bahkan di Makassar ada nonton bersama. Selain itu juga akan ada di 21 titik pengamatan,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, Senin (29/1).

Menurut Dwikorita, fenomena tersebut akan ideal apabila dipandang atau dilihat dari daerah-daerah seperti dari perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga daerah yang berada di sebelah barat Sumatera melintasi Samudera Hindia.

Dwikorita menambahkan pengamatan fenomena gerhana bulan tidak harus dilakukan di tempat khusus seperti di pesisir.

Hanya saja pengamatan perlu dilakukan di tempat yang dirasa aman dan cocok untuk melakukan kegiatan tersebut.

“Super blue blood moon tidak harus dilakukan di pesisir, bisa di tempat yang tinggi juga seperti Boscha atau juga Planetariumdan TMII. Intinya observasi kita cari tempat yang aman,” tuturnya.

Adapun di Jakarta ada tujuh lokasi yang disiapkan untuk titik pengamatan fenomena gerhana bulan. Tujuh di antaranya adalah Planetarium TIM, Tugu Monas, Setu Babakan, Museum Fatahillah, Kepulauan Seribu, TMII dan Ancol. (*)

Editor: Ariestia
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved