Tim Kemenag Akan Turun Tinjau Kesiapan Embarkasi Haji Antara Riau

Asisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah Harrofie mengatakan dalam waktu dekat ini akan turun ke Riau

Tim Kemenag Akan Turun Tinjau Kesiapan Embarkasi Haji Antara Riau
TribunPekanbaru/Doddy Vladimir
BERANGKAT - Warga melepas keluarganya yang akan berangkat menuaikan ibadah haji di Mesjid An Nur Pekanbaru, Senin (31/7). Sebanyak 445 Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter 1 Riau asal Kota Pekanbaru dilepas oleh Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi untuk menuju embarkasi haji Batam. 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU - Asisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah Harrofie mengatakan dalam waktu dekat ini akan turun ke Riau meninjau langsung kesiapan Embarkasi Haji Antara yang rencananya dimulai tahun ini di Riau.

"Dalam waktu dekat ini kemungkinan pekan depan tim dari Kemenag akan turun ke lapangan, melihat persiapan Embarkasi Haji Antara Riau, sejauh mana kesiapan di lapangan, "ujar Ahmad Syah Harrofie kepada Tribun Selasa.

Menurut Ahmad Syah sendiri tim dari Kemenag memberikan waktu hingga akhir maret ini untuk menuntaskan sejumlah persyaratan yang belum tuntas.

Diantaranya pembangunan Aula Kedatangan, ruang makan dan gudang penyimpanan air zam-zam yang bisa menampung 5000 derigen air zam zam.

"Memang kita berjanji bisa selesai paling lambat April dan itu sudah dijamin oleh OPD terkait untuk pembangunan ruang makan dan Aula Kedatangan serta gudang, "ujar Ahmad Syah.

Hanya tiga persyaratan itu saja yang masih tersisa dan menurut Ahmad Syah bisa diselesaikan sesuai dengan waktu yang diberikan. Sehingga tahun ini embarkasi haji Antara Riau bisa terwujud.

"Semuanya sudah dipersiapkan, tinggal tiga persyaratan itu saja. Makanya kita berharap tahun ini bisa digelar embarkasi haji Antara Riau,"ujarnya.

Karena dengan menjadi embarkasi haji Antara Riau akan lebih hemat dalam penyelenggaraan haji tidak perlu lagi menggunakan asrama haji Batam untuk mengenal.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PKPP) Provinsi Riau Muhammad Amin menargetkan pembangunan ruang kedatangan dan ruang makan Asrama haji Pemprov Riau tuntas paling lambat April mendatang.

Karena sebagai syarat untuk penetapan embarkasi haji Antara tahun 2018 ini harus memiliki Ruang kedatangan dan ruang makan yang belum disiapkan pihak Pemprov Riau.

Maka tahun ini Pemerintah Provinsi Riau melalui PKPP membangun fisik ruang kedatangan dan ruang makan tersebut. Menurut Kepala Dinas PKPP kegiatan pembangunan tersebut sudah masuk dalam lelang.

"Sudah tayang paketnya dan ditargetkan segera selesai lelang nya dan mulai dikerjakan, "ujar Amin.

Untuk nilainya sendiri menurut Amin, satu kegiatannya Rp1 Miliar sehingga keduanya bernilai sekitar Rp2 Miliar.

"Kami menargetkan bisa tuntas April, dan sesuai dengan permintaan untuk persyaratan menjadi embarkasi haji Antara tahun ini," ujar Amin.(*)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved