Blokir Jalan Sudirman, Pendemo Minta Cabut HGU Ivo Mas Secara Keseluruhan

Massa yang kian lama makin bertambah tersebut sempat memblokir jalan, sehingga jalan Sudirman di depan kantor DPRD Riau

Blokir Jalan Sudirman, Pendemo Minta Cabut HGU Ivo Mas Secara Keseluruhan
Tribun Pekanbaru/ Alex
Lebih dari 200 massa yang tergabung dalam masyarakat adat Sakai berunjuk rasa di kantor DPRD Riau, Senin (19/2). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -- Lebih dari 200 massa yang tergabung dalam masyarakat adat Sakai berunjuk rasa di kantor DPRD Riau, Senin (19/2/2018).

Massa yang kian lama makin bertambah tersebut sempat memblokir jalan, sehingga jalan Sudirman di depan kantor DPRD Riau terpaksa ditutup, dan dialihkan ke jalan Mekar Sari, belakang kantor DPRD Riau.

Dalam tuntutannya, massa meminta pihak DPRD Riau merekomendasikan kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang, BPN RI untuk mencabut Hak Guna Usaha (HGU) PT Ivo Mas Tunggal secara keseluruhan.

"Tanah masyarakat adat Sakai Kecamatan Kandis, Siak di Kampung Adat Bakalar Kandis seluas lebih kurang 6505,42 hektar dirampas oleh PT Ivo Mas Tunggal," kata salah seorang pendemo, di depan gerbang kantor DPRD Riau.

Para pendemo menyampaikan, perampasan lahan yang dimaksud tanpa melakukan ganti rugi terlebih dahulu sehingga masyarakat Adat Sakai Kandis tidak lagi bisa berusaha dan membuat masyarakat Sakai menderita kehilangan tempat mencari nafkah.

"Karena itu, kami memohon kepada Komisi I DPRD Riau untuk merekomendasikan kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang, BPN RI untuk mencabut HGU PT Ivo Mas Tunggal secara keseluruhan," tambahnya.

Para pendemo juga meminta kepada pihak kepolisian RI agar melakukan pemeriksaan terhadap pemilik, pimpinan dan pengelola PT Ivo Mas Tunggal atas dugaan tindak pidana yang dilakukan. Seperti dugaan perambahan dan menduduki kawasan hutan tanpa prosedur yang berlaku.

Selanjutnya, massa juga memohon kepada Kanwil Kementerian Agraria dan Tata Ruang, BPN Riau untuk tidak melayani dan atau mencabut sertifikat HGU PT Ivo Mas Tunggal, Memohon kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang mencabut HGU dan menghentikan kegiatan PT Ivo Mas Tunggal sampai perusahaan menyelesaikan permasalahannya dengan masyarakat Sakai dengan perhitungan. (ale)

Penulis: Alex
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved