Ustadz Abdul Somad

LIVE STREAMING: Ustadz Abdul Somad Terima Gelar Adat Datuk Seri Ulama Setia Negara

"Jasanya menyampaikan ceramah itu lah kita memberi gelar kehormatan ini. Mungkin ke depan kita juga memberi kepada ulama yang lain," ujar Al Azhar.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dai kondang Ustadz Abdul Somad menerima gelar adat kehormatan dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Selasa (20/2/2018) pagi ini.

Ribuan orang baik warga maupun tokoh masyarakat hadir pada penabalan gelar di Gedung LAM Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

"Gelar adat ini diberikan kepada seorang ulama, begitu berjasa dan terkenal saat ini. Baru pertama kali gelar adat ini diberi kepada tokoh agama," ujar Ketua Majelis Kerapatan Adat LAM Riau Al Azhar kepada Tribun, Senin (19/2/2018).

Ia katakan, kehadiran Ustadz Abdul Somad yang asli Riau ini sangat berpengaruh terutama untuk kalangan muda. Bahkan untuk kalangan tertentu, dengan mendengar ceramahnya, banyak yang tertarik dan mengubah perilaku.

"Jasanya menyampaikan ceramah itu lah kita memberi gelar kehormatan ini. Mungkin ke depan kita juga memberi kepada ulama yang lain," ujar Al Azhar.

Adapun gelar yang diterima Ustadz Abdul Somad adalah Datuk Seri Ulama Setia Negara. Artinya sosok yang istiqomah menyampaikan agama Islam dan setia kepada negara.

"Ini gelar tetap yang diberikan seumur hidupnya, tidak bisa diwariskan," jelas Al Azhar.

Penabalan gelar ini akan dimulai dengan penjemputan UAS, begitu sapaan akrab Ustadz Abdul Somad, dari kantor Tafaqquh di Jalan Duyung, Pekanbaru.

"Sesuai dengan adat, yang ditabalkan dijemput ke tempatnya. Dijemput oleh Tengganai, lalu pada beliau akan dikenakan padanya pakaian celana baju, kain. Setelahnya, kelengkapan seperti tanjak, keris dan selempang akan dipasangkan pada prosesi penabalan di balai adat," papar Al Azhar.

UAS saat penabalan diharapkan sudah berada di Gedung LAM Riau di Jalan Diponegoro, Pekanbaru, pukul 08.30 WIB. Sesampainya di gerbang, ia akan disambut dan diarak menuju balai adat.

Halaman
123
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved