Rokan Hulu

Tiga Tim Percepatan Fasilitasi 139 Desa di Rohul Susun RKP dan APBDes 

Plt Kepala DPMPD Rohul, Abdul Haris menjelaskan pihaknya membentuk tiga tim percepatan yang diturunkan ke setiap kecamatan secara bergiliran.

Tiga Tim Percepatan Fasilitasi 139 Desa di Rohul Susun RKP dan APBDes 
http://pontianak.tribunnews.com/
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), menargetkan 139 desa penerima dana desa tuntas menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa dan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2018, Maret mendatang. 

Dana desa ratusan desa tersebut bersumber dari APBN dan bantuan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Rohul 2018.

Plt Kepala DPMPD Rohul, Abdul Haris menjelaskan pihaknya membentuk tiga tim percepatan yang diturunkan ke setiap kecamatan secara bergiliran.

Baca: Masih Ingat Ikan Mati Mendadak di Sungai Kerumutan, Begini Kata DLH Setelah Ambil Sampel Limbah

Baca: Luka Bersarang di Dada dan Perut, Nursal Terkapar Setelah Sempat Menang Duel Satu Lawan Satu

‎Tim yang dibentuk memfasilitasi pihak desa dalam menyusun RKP dan APBDes 2018.

Hal tersebut dilakukan dengan cara mengumpulkan seluruh Sekretaris dan Bendahara desa, setelah itu langsung dipandu oleh Tim dari DPMPD Rohul.

"Sehingga dalam waktu sebulan kedepan, seluruh desa se Rohul telah tuntas menyusun RKP Desa serta APBDes 2018 pada Maret nanti," katanya, Seni (26/2/2018)

Penyusunan rencana kegiatan tahunan dan APBDes tahun 2018 oleh masing-masing desa, lanjut Haris tetap menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Siskeudes ini memudahkan desa melaksanakan perencanaan hingga pelaporan dan pertanggungjawaban dalam pelaksanaan kegiatan 2018.

"Kita harapkan Kades se Rohul untuk dapat mengutus Sekdes dan ‎Bendahara Desa, disaat Tim Percepatan Fasilitator Penyusunan RKP dan APBDes 2018 turun ke kecamatan sesuai jadwal yang telah ditetapkan," tuturnya.

‎Dirinya juga menjelaskan, penyaluran dana desa ‎tahap I sebesar 20 persen yang telah disalurkan Pusat ke Kas Daerah (Kasda) Rohul, belum bisa disalurkan ke seluruh desa. Karena untuk persyaratan penyaluran dana desa tahap I itu, pihak desa harus menyerahkan APBDes tahun 2018.

"Ya kita berharap seluruh desa bisa menyelesaikan tugas yang dibebankan kepada desa dengan cepat," pungkasnya.(*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved