Tahun Depan PDAM Bengkalis Lakukan Normalisasi Waduk PDA, Segini Anggarannya

Normalisasi tersebut dilakukan dengan menggunakan anggaran APBN 2019 mendatang.

Tahun Depan PDAM Bengkalis Lakukan Normalisasi Waduk PDA, Segini Anggarannya
Tribun Pekanbaru/ Muhammad Natsir
Waduk PDAM Bengkalis terletak di Desa Wonosari kecamatan Bengkalis. 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Untuk mendambah Debit air baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bengkalis pada tahun 2019 mendatang akan melakukan normalisasi waduk yang berada di desa Wonosari kecamatan Bengkalis . Normalisasi tersebut dilakukan dengan menggunakan anggaran APBN 2019 mendatang.

Hal ini diungkap Direktur PDAM Bengkalis Jufrizal kepada wartawan, Rabu (28/2) Siang. Usulan untuk anggaran normalisasi ini sudah diajukan pihaknya pada tahun 2017 lalu.

"Tahun kemarin sudah kita usulkan ke pusat. Dan alhamdulillah sudah masuk penganggaran tahun 2019 mendatang, jumlah anggaran yang di kucurkan pemerintah pusat sebesar Rp 35 miliar," ungkap Jufrizal.

Menurut dia, normalisasi yang dilakukan nantinya akan berpengaruh dengan luaa waduk sumber air baku di desa Wonosari tersebut.Diperkirakan waduk akan bertambah luasnya sekitar tujuh hektar.

Jufrizal mengatakan, rencana normalisasi tersebut sudah lama ingin dilakukan pihak PDAM Bengkalis. Namun tertunda karena berbagai kendala dan baru di ajukan pada tahun kemarin ke pemerintah pusat.

"Detail Engenering Desing (DED) yang kita gunakan saja, sesuai dengan yang sudah ada dibuat tahun 2012 lalu, namun telah dilakukan penyesuaian dengan kondisi saat ini," terang Jufrizal.

Menurut Jufrizal tujuannya normalisasi dilakukan untuk mempertahankan sumber air baku dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan pelanggan di Bengkalis. Terutama saat musim panas terjadi biasanya terjadi penyusutan air baku.

Setelah normalisasi nantinya, diharapkan ketersedian air baku bisa terjaga dengan baik. Dan tidak ada lagi keluhan masyarakat pengguna jasa PDAM Bengkalis kurangnya debit air yang mengalir saat musim panas terjadi.(sir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved