Bagaimana Cara Mengurus KTP dak KK di Pekanbaru? Ini Penjelasan Kadisdukcapil

KTP dan KK merupakan identitas kependudukan yang wajib dimiliki oleh warga negara Indonesia.

valora.co.id/humas
Ilustrasi - Perekaman data elektronik pembuatan KTP, Kamis (20/7/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM - Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) merupakan identitas kependudukan yang wajib dimiliki oleh warga negara Indonesia.

Hampir semua urusan administrai membutuhkan KTP dan KK.

Bagi anda yang masih bingung apa saja syaratnya dan bagaimana cara mengurus KTP dan KK, ini penjelasan dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diskdukcapil) Kota Pekanbaru, Baharuddin.

"Untuk mengurus KK dan KTP bagi yang dari luar daerah harus membawa surat pindah dari tempat asalnya. Lapor RT RW setempat kemudian nanti dibuatkan Surat Keterangan Datang (SKD) di UPTD Disdukcapil Kecamatan. Setelah itu baru dibawa ke Disdukcapil untuk di buatkan KTP dan KKnya," kata Baharuddin.

Setelah berkas masuk di Disdukcapil, maka petugas akan mengecek seluruh berkas yang diajukan oleh masyarakat.

Jika yang bersangkutan ternyata belum pernah melakukan perekaman E-KTP, maka harus melakukan dulu perekaman di UPTD Kecamatan.

"Perekaman boleh dilakukan di UPTD kecamatan mana saja yang penting masih di Pekanbaru. Jadi tidak mesti harus di kecamatan sesuai dengan alamat tempat tinggalnya. Misalnya warga Tenayan Raya, boleh saja melakukan perekaman di Marpoyan Damai," katanya. (*)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved