Breaking News:

Ini Saran Mendikbud Agar Pelaksanaan UNBK di Sekolah Terpencil Bisa Maksimal

Memang untuk daerah-daerah terpencil yang belum dijangkau listrik dan internet masih dimungkinkan

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Budi Rahmat
TRIBUNPEKANBARU.COM/THEO RIZKY
Sejumlah murid SMPN 5 Pekanbaru tengah melakukan persiapan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di laboratorium komputer SMAN 1 Pekanbaru pada hari pertama, Selasa (2/5/2017). Terdaftar sebanyak 282 murid SMAN 5 mengikuti UNBK dengan tiga sesi ujian. Secara keseluruhan, ujian nasional untuk SMP di Kota Pekanbaru berlangsung lancar. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

 Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Efendy menyarankan agar penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di daerah-daerah terpencil di Riau yang belum mendapat penyaluran listrik tetap diupayakan. 

Baca: Diajak Makan, Puan Maharani Plih Makan di Tempat ini, Letakknya di Pinggir Jalan

Baca: Bonita Akan Dilumpuhkan, BBKSDA Undang Sniper yang Dilengkapi Peluru Tajam

Diantaranya dengan menggunakan pembangkit listrik berupa mesin genset dan bisa juga untuk menumpang ke sekolah-sekolah terdekat dari sekolah tersebut. 

"Memang untuk daerah-daerah terpencil yang belum dijangkau listrik dan internet masih dimungkinkan untuk melakukan ujian nasional berbasis komputer. Tapi sebetulnya  juga bisa diatasi dengan cara membawa soalnya itu didalam software dan kemudian untuk listriknya bisa pakai genset," kata Mendikbud kepada Tribun saat ditemui di VIP Bandara Lancang Kuning Pekanbaru Rabu (14/3/2018).

Baca: Lelaki Ini Pilih Menunggu Adiknya Sampai Dipulangkan dari Taiwan

Namun yang paling efektif agar pelaksanaan UNBK maksimal dilakukan sekolah-sekolah di Riau maka dengan cara menarik para siswa ke sekolah-sekolah  yang memiliki fasilitas mendukung.

"Contohnya di Jawa Timur,  sekolah-sekolah kepulauan itu pada menyebrang ke pulau utamanya untuk mengikuti UNBK," ujarnya.

Baca: Ternyata Berisiko, 6 Bagian Ayam Ini Jika Terlalu Sering Dikonsumsi Bisa Sangat Berbahaya

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved