News

VIDEO: Minta Penurunan Pajak Pertalite 7,5 Persen, Pemprov Pasrah pada DPRD

"Kami mempertimbangkan secara seksama, bersungguh-sungguh untuk menemukan solusi yang tepat dalam penurunan pajak ini, berapa

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.com,  PEKANBARU -- Setelah pandangan fraksi dilakukan atas revisi Peraturan Daerah (Perda) tentang pajak daerah dilakukan sebelumnya, pada Jumat (16/3/2017) digelar paripurna jawaban pemerintah terhadap pandangan fraksi sebelumnya.

Mewakili Plt Gubernur Riau, Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi mengatakan, pihaknya menyambut baik setiap pandangan fraksi di DPRD Riau, dan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak DPRD Riau yang terbentuk Pansus.

"Kami mempertimbangkan secara seksama, bersungguh-sungguh untuk menemukan solusi yang tepat dalam penurunan pajak ini, berapa persen seharusnya, sehingga didapat manfaat yang signifikan, demi kesejahteraan masyarakat juga," kata Hijazi dalam kesempatan itu.

Usai paripurna tersebut, Sekdaprov Ahmad Hijazi menyatakan pihaknya berharap, agar penurunan pajak terhadap segera diputuskan.

Baca: Jadwal Lengkap MotoGP 2018, Putaran Pertama Berlangsung di Sirkuit Losail Qatar

Baca: Gelas yang Baru Dibeli Meledak, Mulut Wanita Ini Luka, Situs Online Ini Dituntut Rp 2 Miliar!

"Pansus dengan OPD terkait akan membahas ini, dalam waktu singkat mungkin akan bisa diputuskan berapa turunnya," ujarnya.

Pihaknya menyerahkan sepenuhnya keputusan pada Pansus nantinya, dan tidak akan memberikan penekanan.

Sementara itu, pansus yang telah dibentuk terdiri dari 18 anggota-anggota fraksi. Pansus ini diketuai dari Fraksi Golkar Erizal Muluk, dan wakilnya dari Fraksi Demokrat Aherson. Selanjutnya akan membahas kembali terkait pajak pertalite ini untuk kemudian diparipurnakan kembali.

Sebelumnya, usulan dari Pemprov Riau terkait pajak pertalite diturunkan menjadi 7,5 persen dari 10 persen, berdasarkan perhitungan yang dianggap ideal. Namun, pendapat umum fraksi sebagian besar meminta pajak itu diturunkan menjadi 5 persen saja, atas pertimbangan jika 7,5 persen tidak akan signifikan berdampak bagi masyarakat.

Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, jika turun menjadi 7,5 persen, maka harga eceran pertalite dimasyarakat akan menjadi Rp 7.800 dari Rp 8.000. Sementara jika diturunkan 5 persen, harga eceran bisa berkisar Rp 7.500.

Penulis: Alex
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved