Breaking News:

Harimau Serang Warga

VIDEO: Sulitnya 'Mengevakuasi' Harimau Bonita, Ini Kronologis Mencekam Saat Proses 'Perburuan'

Bonita bergerak ke depan mobil menjauh jarak 100 meter. Mobil ternyata terpuruk ditempat tak bisa maju. Dalam pengamatan bonita terduduk dan

Penulis: Aan Ramdani | Editor: David Tobing

Laporan Videografer Tribunpekanbaru.com,Aan Ramdani

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Regu yang dibentuk untuk "memburu" harimau bernama Bonita telah terus berupaya keras untuk melakukan evakuasi terhadap harimau sumatra tersebut.

Namun, upaya tersebut bukanlah sudah membalikan telapak tangan. Tembakan bius berhasil dilepaskan dan mengenai Bonita pukul 19.02 wib.

Meski demikian tim mengalami berbagai kendala dengan kondisi medan yang gelap dan kendaraan yang digunakanpun terperosok, sehingha tim kesulitan memantau bonita.

Poses penyelamatan harimau Sumatra ini masih terus dilakukan
Tim rescue gabungan sebanyak 54 orang, terdiri dari BBKSDA Riau, Pemerintahan Daerah Kabupten Inhil, Polres Inhil, Kodim Inhil, Yayaan Asari, WWF, PKHS, Veswick, PT TH Indo Plantation, PT Arara Abadi, dan masyarakat Dusun Sinar Danau.

Berikut rilis kronologis penyelamatan bonita yang dikeluarkan BBKSDA Riau :

Kronologis penembakan bius
Jumat 16 maret 2018,

1. Perjumpaan pertama oleh regu 1 di jalan poros pukul 17.00 wib blok eboni 62.Bonita sedang duduk di bawah sawit, tembakan bius dilakukan oleh Perisomba namun terhalang tangkai sawit.

2. Bonita bangkit bergerak semakin ke dalam mengarah ke barat blok 63, tim drh Dita memutuskan memutar arah dan menghadang di blok 63. dr Dita bertemu dan melepas tembakan pukul 19.02 wib.Selanjutnya mengikuti namun arah bonita kembali ke blok 62 (awal ditemukan). drh.Dita kembali memutar mobil dari jalur poros masuk ke blok 62 .Sampai pada pohon ke 18-20 bertemu bonita yang muncul di samping mobil.

3. Bonita bergerak ke depan mobil menjauh jarak 100 meter. Mobil ternyata terpuruk ditempat tak bisa maju. Dalam pengamatan bonita terduduk dan mulai muntah. Sementara menunggu reaksi untuk turun jalan kaki dengan waspada.

4. Tim dr Anhar bergabung dengan jalan kaki karna mobil tim lain 4 mobil terpuruk di sawit ke 9.

5. Bonita sempat muncul sekitar pukul 23.10 wib tim turun dan mendekati Bonita dan melepaskan tembakan tetapi Bonita menghindar menjauh dan masuk ke dalam semak semak tim kehilangan jejak.

6. Situasi penerangan lampu sorot yang bersumber dari satu mobil kurang dapat mensupport penerangan di lokasi kebun yang bersemak.

7. POSKO Balai Besar KSDA menghubungi THIP, untuk suport alat berat dan zonder agar dapat meng evakuasi kendaraan yang terpuruk semua. Namun sampai pukul 24.20 wib masih belum terjangkau. Akhirnya tim pengamaman mengevakuasi tim medis dengan berjalan kaki dan keluar dari lokasi blok 62 menuju ke Camp sd Pk. 02.00 wib.

Hingga saat ini tim penyelamatan harimau sumatra yang diturunkan masih terus bertungkus lumus menyisir titik-titik daerah yang menjadi perlintasan Bonita. Seperti diketahui, Bonita merupakan harimau Sumatra yang telah menewaskan dua orang warga. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved