Rokan Hulu

Dinas Perpustakaan Arsip Rokan Hulu Jadi Rujukan Kabupaten Lain ‎

Dinas Perpustakaan Arsip Kampar, adalah salah satu Kabupaten yang menjadikan Rohul sebagai rujukan dalam pembinaan dan pengelolaan perpustakaan.

Dinas Perpustakaan Arsip Rokan Hulu Jadi Rujukan Kabupaten Lain ‎
Tribupekanbaru/Donnykusumaputra
Dispusip Rohul Jadi Rujukan Kabupaten di Riau 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPENGARAIAN- Keberhasilan Dinas Perpustakaan Arsip (Dispusip) Rohul dalam melakukan pengelolaan perpustakaan serta pembinaan perpustakaan desa, menjadikannya sebagai rujukan bagi kabupaten lainnya di Provinsi Riau.

Hal itu tak lepas dari keberhasilan Perpustakaan Desa Masda Makmur Kecamatan Rambah Samo, sebagai salah satu Perpustakaan binaan Dispusip Rohul, meraih penghargaan perpustakaan desa terbaik 1 di Provinsi Riau dan dipercaya mewakili Riau ke tingkat nasional.

Dinas Perpustakaan Arsip Kabupaten Kampar, adalah salah satu Kabupaten yang menjadikan Rohul sebagai rujukan dalam pembinaan dan pengelolaan perpustakaan.

Baca: Tangan Gadis Ini Meleleh Kesetrum Listrik 33.000 Volt, Pejuangannya Bertahan Hidup Mengharukan

Baca: Istri Pertama Opick Melayat Wulan, Begini Permintaannya

Baca: Nangis Ibuku Bang, Pelajar Kurir Sabu-sabu Asal Banjarmasin Telepon Ibu Usai Ditangkap

Beberapa waktu lalu, dua pejabat Dinas Perpurstakaan Arsip Kabupaten Kampar telah melakukan studi banding perpustakaan desa di Rokan hulu tepatnya 15 maret 2018.

Dua pejabat Dispussip kampar yang melakukan study banding/kunjungan tersebut yaitu Kasi pengembangan perpustakaan Sarkawi,S.Sos dan Pustakawan muda Suhaimi,A.Ma.

Kunjungan Studi banding tersebut, diterima langsung Kadis Dispussip Rohul Dr.H.Dipendri diwakilli oleh Kabid Arsip Sumardi,SS.M.Si didampingi oleh Kabid perpustakaan Etawati,SH,Kasi pengembangan dan pembinaan perpustakaan Pirdo mangatur, M.Si, Kasubbag perencanaan Zulhamdi,S.Ap dan Pustakawan Muda pison,S.IP.

Dalam kunjungan itu Kadis Dispussip Rohul Dr.H.Dipendri melalui Kabid Arsip Sumardi,SS.M.Si menyampaikan sesuai amanat UU 43/2007 tentang perpustakaan, perpustakaan umum daerah berkewajiban membina dan mengembangkan perpustakaan yg ada di Rokan hulu termasuk perpustakaan desa.

“Dalam pembinaan perpustakaan desa ini kita bekerja sama dengan pihak desa. Kerjasama yang konstruktif inilah yang membuat pembinaan perpustakaan desa dapat maksimal, sehingga dapat kami bisa meraih juara terbaik 1 di riau," katanya.

Dikatakan Sumardi, saat ini Dispusip Rohul sudah mendirikan 16 perpustakaan desa yang  tersebar di 16 Kecamatan se Rokan Hulu.

“Kami juga susah banyak membantu perpustakaan desa berupa hibah buku,rak buku,meja baca dan lainnya itu semua dilakukan dalam rangka pengembangan perpustakaan desa dan peningkatan minat baca dan budaya baca hingga ke desa desa yang merupakan komitmen pemda rohul ikut mencerdaskan dan peningkatan kualitas SDM di rokan hulu ini” sebutnya.

Sementara itu, Kasi pengembangan perpustakaan disspussip kampar Sarkawi, S.Sos mengaku takjub dengan kondisi dan Komitmen Pemkab Rohul dalam melakukan pembinaan perpustakaan Desa ini.

“Saya tidak menyangka ternyata Pemkab Rohul punya komitmen luar biasa dalam bidang perpustakaan ini, kami datang untuk melihat secara lansung keberadaan perpustakaan desa terbaik sebagai acuan untuk kabupaten kampar,kami bangga bisa berkunjung kesini dan melihat penataan pustaka desa yg baik dan memiliki WI FIE gratis” Sebutnya.

Disamping terdapat Wifi gratis di pustaka Desa Masda Makmur saat ini sudah mendapatkan bantuan dari Pemkab Rohul berupa buku, rak meja baca, serta pinjaman bergulir.

Selain itu Perpustakaan Desa Masda Makmur ini juga memiliki gedung perpustakaan desa dan ruang baca yang repsentatif.

“ Ini patut dikembangkan nantinya, pokoknya mana baik akan kita bawa ke Kampar sebagai acuan pengembangan pustaka desa nantinya. Semoga kunjungan dan silaturrahim ini akan ditingkatkan dimasa yang akan datang," pungkasnya. (*)‎

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved