Breaking News:

VIDEO: Nekat Lintasi Rel, Mobil Agya Ringsek Dihantam Kereta Api, 4 Penumpang Alami Luka-Luka

Di saat yang bersamaan, kereta api ekonomi tujuan Rangkasbitung – Merak bernomor kereta KA-466 datang dan menabrak mobil nahas

TRIBUNPEKANBARU.com --  Terjadi kecelakaan yang melibatkan kereta api dan mobil di perlintasan Kampung Nyomplong, Desa Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Rabu (21/3/2018) sekira pukul 9.00 WIB.

Mobil Agya warna putih bernopol A 1338 FN ringsek usai tertabrak dan terseret kereta hingga ratusan meter.

Tribun Video melansir Bantennews, mesin mobil tiba-tiba mati saat melintasi rel.

Di saat yang bersamaan, kereta api ekonomi tujuan Rangkasbitung – Merak bernomor kereta KA-466 datang dan menabrak mobil nahas tersebut.

Mobil terseret hingga ratusan meter mengakibatkan bodi mobil ringsek dan 4 penumpangnya luka-luka.

Penyebab Matinya Mesin Menurut Ahli

Banyak faktor yang mengakibatkan mobil mendadak mogok di lintasan rel. Menurut penjelasan ahli, mogoknya mobil terjadi akibat daya magnetik yang terdapat pada rel kereta api.

Daya tarik magnet timbul karena adanya gesekan antara roda kereta dan rel.

Roda kereta api umumnya dari baja berjenis ferritic. Baja jenis ini mempunyai medan magnet yang sangat kuat bahkan terkuat ketimbang jenis baja lainnya. Pemilihan baja ini agar kereta melaju stabil.

Kendaraan yang rawan mogok, biasanya adalah kendaraan yang berbahan bakar bensin, sedangkan yang berbahan bakar solar, tidak akan berpengaruh. Sebab, beberapa kendaraan berbahan bakar bensin masih menggunakan platina dan CDI.

Saat terkena medan magnet besar, pengapian CDI ini akan terpengaruh, sehingga mesin bisa mati.

Lantas, bagaimana agar bisa terhindar dari masalah seperti itu? Berikut tips dari Kepala Humas Daerah Operasional I Jabodetabek PT Kereta Api, Mateta Rizalulhaq.

Pertama, bila kendaraan tiba-tiba mogok di atas rel, dorong kendaraan Anda dari rel. Setelah itu, baru Anda mencoba menghidupkan mesin kembali.

Kedua, lihat kiri dan kanan, bila ada kereta mau lewat, hentikan kendaraan Anda. Ketiga, jangan berebut dengan kendaraan lain. Yang lebih penting, tambah putaran mesin setiap kali melintasi rel KA.

Editor: David Tobing
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved