Ramadan 1439 H

Sambut Ramadan Masjid Agung Al Huda Tembilahan Gelar Lomba Tahfiz Quran

Lembaga Pendidikan Tahsin & Tahfizh Alquran Masjid Agung Al-Huda Tembilahan menggelar Lomba Pendidikan Tahsin dan Tahfiz Al-Qur'an.

Sambut Ramadan Masjid Agung Al Huda Tembilahan Gelar Lomba Tahfiz Quran
fadhli
Seorang santriwati menunjukan kebolehannya dalam menghafal Al - Qur'an didepan para juri Lomba Pendidikan Tahsin & Tahfiz Al-Qur'an di Masjid Agung Al - Huda Tembilahan.(*) 

Laporan Reporter Tribuntembilahan.com : T. Muhammad Fadhli.

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, TEMBILAHAN – Dalam rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 H, Lembaga Pendidikan Tahsin & Tahfizh Alquran Masjid Agung Al-Huda Tembilahan menggelar Lomba Pendidikan Tahsin dan Tahfiz Al-Qur'an.

Perlombaan berlangsung di Lantai 2 Masjid Agung Al Huda Tembilahan yang biasa digunakan Santriwan santriwati dalam Belajar, Minggu (29/4/2018).

Ketua Pengelola Tahsin & Tahfiz Ustadz H. Muhammad Yusuf, LC. M.Si menuturkan, Pergelaran lomba yang digelar setiap tahun ini untuk memberikan motivasi Kepada anak- anak untuk Dekat dengan Al Qur'an.

Baca: Bappeda Bengkalis Perlu Dievaluasi terkait Tidak Ada Bankeu APBD Riau 2018 diterima Bengkalis

“Menjadi Ahlul Qur'an dan setelah satu tahun belajar Al Qur'an yang biasa kita mulai dari bulan Syawal dan kita akhiri sebelum Ramdahan. Dengan adanya lomba ini semoga anak – anak akan termotivas dan semangat mengulang-ulang Persiapnnya sedemikian rupa, baik itu hafalnnya, pembelajarannya,” ujarnya di Tembilahan, Selasa (1/5/2018).

Melalui cara seperti itu, Ustadz berharap anak – anak tersebut dapat meraih hasil yang baik dan mengetahui tingkat kemampuannya yang didaptkan dari pembelajarannya selama setahun.

Baca: RJCI Gelar Pekanbaru Fiesta, Ciptakan Suasana Sejuk di Tahun Demokrasi

“Karena kita ingin menjadikan mereka kedepannya sebagai salah satu Imam di Masjid- masjid yang ketika subuh jumat mereka membacakan Surah As Sajadah dan Surah Al Insan, sehingga tidak sulit lagi kita mencari Imam khususnya Imam subuh jumat,” tuturnya.

Untuk tahun ini, menurutnya, sudah banyak anak – anak didik yang menyelesaikan Juz 30, juz 29, juz 1, bahkan menguasai surah-surah pilihan antara lain seperti, Surah Yasin, surah Al Mulk, surah Al Waqiah, Surah Ar Rahman, surah As Sajadah, Surah Al Insan dan surah pilihan lainnya.

Lebih lanjut Ketua Pelaksana Lomba Sambut Ramadhan Ustadz Awaluddin, S. Pd menjelaskan, ada beberapa cabang yang diperlombakan tahun ini, antara lain yaitu, Cabang Tahfiz putra putri, Pidato/ceramah, Kaligrafi, Tilawah, Azan subuh dan do'a azan, doa setelah sholat, dan cerdas Cermat Al Qur'an.

Baca: Ridwan Susul Rara, Arif, Nabila dan Selfi LIDA di Top 5 Liga Dangdut Indonesia, Malam Ini Tampil

Menurut Ustadz Awaluddin, perlombaan ini tidak hanya diikuti oleh kalangan anak anak saja, namun juga diikuti oleh santri remaja atau Setara SLTP/SLTA pendidikan Tahsin dan Tahfiz Al Qur'an Masjid agung Al-huda Tembilahan.

“Kami sekaligus mengundang kepada seluruh wali santri jama'ah masjid untuk hadir dan bagi anak-anak yang lulus dalam menyelesaikan hafalan satu juz akan diberikan penghargaan dari pimpinan lembaga,” pungkas Ustadz Awaluddin yang juga menginformasikan jadwal Penyerahan hadiah yang akan dilakukan pada Rabu (9/5/2018) malam.(*)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved