Saat Belanja, Ayat Imbau Masyarakat Pekanbaru Menjadi Konsumen Cerdas, Begini Caranya

Kemudian izin kesehatan dan label halal dari MUI. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah memeriksa tanggal kedaluarsa dari produk yang akan dibeli.

Saat Belanja, Ayat Imbau Masyarakat Pekanbaru Menjadi Konsumen Cerdas, Begini Caranya
TribunPekanbaru/Syaiful Misgiono
Peringatan Hari Konsumen Nasional Tahun 2018 yang diselenggarakan di lokasi Car Free Day (CFD) Jalan Diponegoro, Minggu (6/5/2018). 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Plt Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi menghimbau kepada masyarakat Pekanbaru agar menjadi konsumen yang cerdas.

Saat berbelanja, masyarakat dihimbau agar lebih teliliti lagi. Terutama untuk produk-produk makanan dalam kemasan.

Ayat mencotohkan, saat membeli makanan dalam kemasan misalnya. Masyarakat dihimbau agar melihat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ada atau tidak.

Kemudian izin kesehatan dan label halal dari MUI. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah memeriksa tanggal kedaluarsa dari produk yang akan dibeli.

Baca: Diskes Meranti Akan Bantuan 2 Unit Puskesmas Pada 2019 Mendatang

"Apabila berbelanja di pasar maupun pusat perbelanjaan apalagi sekarang bisa berbelanja melalui media online, maka dibutuhkan kecerdasan bagi konsumen ketika membeli. Tolong diperhatikan betul timbangannya, sesuai apa tidak. Kemudian tanggal exipirenya jangan sampai barang yang sudah kedaluarsa dibeli juga," kata Ayat Cahyadi, Minggu (6/5/2018).

Himbauan menjadi konsumen yang cerdas ini disampaikan Plt Walikota Pekanbaru bersamaan dengan peringatan Hari Konsumen Nasional Tahun 2018 yang diselenggarakan di lokasi Car Free Day (CFD) Jalan Diponegoro, Minggu (6/5/2018).

Pada kesempatan tersebut, Pemko Pekanbaru menggelar kegiatan talkshow dan dialog khusus dengan tema menjadi konsumen cerdas di era ekonomi digital.

Sejumlah narasumber yang berkopenten dibidangnya masing-masing juga dihadirkan dalam talkshow ini. Diantaranya Plt Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ahmad Hutasuhut, Kepala BBPOM Kota Pekanbaru Mohamad Kashuri, Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara Munoza Akhmad SE, dan Majelis Ulama Indonesia Kota Pekanbaru Dr H Masyhuri Lc MA.

Baca: Ditahan Imbang Persika, PSPS Turun Peringkat di Klasemen Sementara Liga 2

Turut hadir Wakapolres Kota Pekanbaru AKBP Edy Sumardi, dan sejumlah perusahaan-perusahaan yang ada di Riau dan Kepala Dinas Kota Pekanbaru.

Ayat mengungkapkan, Pemerintah Kota Pekanbaru juga berkomitmen bagaimana menjadikan Pekanbaru menjadi daerah yang tertib ukur.

Kiat-kiat menjadi konsumen cerdas dimulai dari menjadi konsumen yang teliti. Di akhir-akhir acara juga diadakan doorprise bagi peserta yang mau bertanya dan juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan dari narasumber. (*)

Baca: Data Palsu Tidak Bisa Cairkan Bantuan Pendidikan, Biro Kesra Minta Kampus Lengkapi Administrasi 

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved