Asian Agri Latih Pengelola BUMDes Sekitar Perusahaan

Perusahaan perkebunan kelapa sawit, Asian Agri memfasilitasi pelatihan program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Asian Agri Latih Pengelola BUMDes Sekitar Perusahaan
ist
Peserta pelatihan program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) foto bersama usai kegiatan di Training Centre Asian Agri, 3-4 Mei 2018. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Perusahaan perkebunan kelapa sawit, Asian Agri memfasilitasi pelatihan program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam menyokong pertumbuhan ekonomi desa di Training Centre Asian Agri, 3-4 Mei 2018.

Pelatihan tersebut diikuti empat desa di Riau yakni Ukui 2, Tanjung Pauh, Delik dan Petapahan. Kemudian perwakilan dua desa di Jambi yakni Tuo Sumai dan Teriti.

Turut hadir pada pelatihan itu Head Sustainability & CSR Welly Pardede, Kabid Fasilitasi Keuangan Aset & Pendampingan Desa, HM Sartibi, perangkat desa, puluhan petani dan tokoh masyarakat.

Baca: Pernikahan Hancur, Mantan Jutawan Ini Habiskan Hidupnya di Pulau Terpencil, Begini Nasibnya

Pada kesempatan itu, Welly Pardede mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk mendorong program BUMDes untuk pemerintah desa yang ada di sekitar perusahaan. "Untuk mendukung hal ini, sebelumnya Asian Agri sudah membantu bibit kelapa sawit untuk lahan Tanah Kas Desa Petapahan seluas 10 hektare. Membangun kelapa sawit termasuk pengadaan bibit kelapa sawit untuk Tanah Kas Desa Ukui 2 seluas 2,7 hektare,” ujar Welly dalam rilis yang diterima tribunpekanbaru.com, Selasa (8/5/2018).

Diharapkan Welly, kegiatan itu dapat membentuk sinergi antarpihak, yaitu masyarakat, pemerintah dan perusahaan untuk lebih memajukan BUMDes yang ada di sekitar perusahaan.

Sementara HM Sartibi menyampaikan, saat ini di Riau terdapat sebanyak 816 BUMDes. Di antaranya 193 dalam kategori baik, 483 kategori berkembang, 140 kurang baik. 

"Harapannya, BUMDes akan menjadi urat nadi pertumbuhan ekonomi tingkat desa yang akan menyokong pertumbuhan ekonomi Riau," ucapnya. 

Baca: Polwan Nyamar Jadi PSK,Dibayar Rp 50 Ribu Sekali Kencan, Hingga Kaget saat Jumpa Bos PSK

Dia menambahkan, pemerintah mengapresiasi kegiatan CSR yang dilakukan Asian Agri. "Kita sambut dengan senang hati dan bahagia. Di waktu mendatang program CSR ini diharapkan menjadi lebih maju dan berkembang dalam memberdayakan masyarakat dan desa," imbuhnya.

Mewakili pengurus BUMDes Ukui 2, Arisman mengucapkan terimakasih kepada perusahaan Asian Agri yang sudah memberikan pelatihan ini yang sangat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Menurutnya, bukan kegiatan ini saja yang telah dirasakan masyarakat, juga Asian Agri sudah memberikan bantuan sebelumnya untuk mengelola Tanah Kas Desa. 

"Kami berharap perusahaan dapat terus mendampingi kami untuk lebih memantapkan pelaksanaan dan pengelolaan BUMDes Ukui 2," katanya. (rls)

Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved