Diplomat Indonesia Kunjungi Perkebunan Sawit Asian Agri

Sebanyak 25 diplomat Indonesia mengunjungi perkebunan inti kelapa sawit dan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas Asian Agri

Diplomat Indonesia Kunjungi Perkebunan Sawit Asian Agri
IST
Sebanyak 25 diplomat Indonesia berkunjung ke perkebunan kelapa sawit Asian Agri di Buatan, Siak, Jumat (11/5). Mereka juga diajak melibat pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Sebanyak 25 diplomat Indonesia mengunjungi perkebunan inti kelapa sawit dan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas Asian Agri di Buatan, Siak, Jumat (11/5/2018).

Kegiatan yang didukung oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) ini merupakan rangkaian acara pembekalan materi kelapa sawit bagi peserta sekolah, staf dan pemimpin dinas luar negeri (Sesparlu) Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Baca: Foto-foto 1 Jam Bersama Kaesang Pengarep

Para Diplomat Indonesia berkesempatan menyaksikan berbagai aktivitas pengelolaan perkebunan yang dilakukan oleh perusahaan. Mulai dari perawatan pohon kelapa sawit, panen, penanganan hama terpadu dan bibit kelapa sawit unggul Topaz.

Untuk memahami upaya yang dilakukan oleh Asian Agri dalam mendukung kelestarian lingkungan dan penyediaan energi baru terbarukan yang ramah lingkungan, para Diplomat Indonesia juga diajak melihat langsung pengolahan limbah cair kelapa sawit (pome) di Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) yang terletak dekat dengan pabrik minyak kelapa sawit

Para Diplomat Indonesia yang hadir juga berkesempatan untuk mengunjungi kebun petani plasma mitra Asian Agri yang telah diremajakan pada bulan April 2016 dan berdialog dengan perwakilan petani plasma dan swadaya.

Sebagai satu perusahaan kelapa sawit nasional yang berkomitmen dalam penerapan praktik-praktik berkelanjutan, Asian Agri mendukung inisiatif dari berbagai pihak yang ingin belajar dan memperoleh pengetahuan lebih mengenai industri kelapa sawit dan pengelolaannya.

“Asian Agri hingga saat ini menjadi tempat untuk belajar mengenai kelapa sawit dan pengelolaannya oleh lembaga pendidikan maupun organisasi lainnya baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Melalui pengalaman tersebut kami harapkan para peserta dapat menjadi agent of development dan agent of information untuk dapat mempromosikan di lingkup yang lebih luas mengenai pengelolaan kelapa sawit nasional yang berkelanjutan,” ujar Dr M Fadhil Hasan, Direktur Corporate Affairs Asian Agri.

Baca: Disebut-sebut Sebagai Neraka Dunia, Ini 6 Fakta Soal Penjara Gitarama, Bikin Merinding!

Asian Agri

Asian Agri merupakan salah satu perusahaan swasta nasional terkemuka di Indonesia yang memproduksi minyak sawit mentah (CPO) sejak tahun 1979. Hingga kini Asian Agri mengelola 100.000 hektare kebun kelapa sawit dan mempekerjakan 25.000 orang.

Sebagai perintis program Pemerintah Indonesia Perkebunan Inti Rakyat Transmigrasi (PIR-Trans), Asian Agri telah bermitra dengan 30.000 petani plasma di Riau dan Jambi yang mengelola 60.000 hektare kebun kelapa sawit, serta membina kemitraan dengan petani swadaya untuk membawa dampak positif terhadap kesejahteraan dan peningkatan ekonomi petani. (rls)

Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved