IDI Riau Tingkatkan Pemahaman Hukum Bagi Tenaga Medis

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Riau menggelar kegiatan seminar hukum kesehatan di SKA Co Ex Pekanbaru, Sabtu (12/5).

IDI Riau Tingkatkan Pemahaman Hukum Bagi Tenaga Medis
Tribun Pekanbaru
Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Riau menggelar kegiatan seminar hukum kesehatan di SKA Co Ex Pekanbaru, Sabtu (12/5). 

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU -- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Riau menggelar kegiatan seminar hukum kesehatan di SKA Co Ex Pekanbaru, Sabtu (12/5).

Kegiatan ini di ikuti oleh sejumlah praktisi medis dan kesehatan yang ada di Riau.

Pada acara tersebut dihadirkan pembicara dari berbagai pihak, antaranya Ketua Pimpinan Pusat Majelis Hukum Kesehatan Indonesia (MHKI), dr M Nasser SpKK dan Ketua IDI Riau, dr Zul Asdi SpB.

Selain itu ada pula pembicar dari kalangan penegak hukum, antaranya dari kepolisian, Kejaksaan Tinggi Riau, Pengadilan Tinggi Riau dan BPKP Riau.

Sejumlah isu hangat dibahas dalam acara yang digelar selama seharian ini.

Baca: Ngeri, 2 Tahun Benda Ini Menyumbat Telinga, Lihat Penampakannya Saat Dikeluarkan

Baca: Dinding Rumah Runtuh Saat Renovasi, yang Ditemukan Pria Ini Menakjubkan! Sudah Berabad-abad Hilang  

Antaranya tentang pidana medik bukan pidana umum, peran organisasi profesi dalam perlindungan hukum bagi anggota, proses sidik dan lidik perkara medik hingga permasalahan penerapan delik KUHP yang dinilai tidak tepat atas tindakan para tenaga medik.

Ada lebih dari 400 orang praktisi kesehatan dan tenaga medik hadir pada acara tersebut. Tidak hanya dari Riau saja tetapi juga ada dari luar Riau bahkan dari Pulau Jawa turut serta.

Ketua Panitia Seminar Hukum Kesehatan IDI Riau, dr Juliana Susanti mengatakan beberapa periode belakangan para tenaga medik yang mengabdi diberbagai rumah sakit terjerat permasalahan hukum

Baca: Ada Tanda di Wajah Sejak Lahir dan Putus Asa, Siapa Sangka Ada Kebahagiaan, Ini Kisahnya

Tidak jarang tindakan medis yang dilakukan para profesional di rumah sakit untuk menyelamatkan nyawa manusia, dianggap suatu tindakan yang melanggar hukum.

Sudah cukup banyak dari para tenaha medik karena tindakan yang dilakukan bersentuhan dengan masalah hukum pidana, meski secara dunia kesehatan dianggap benar dan tepat dilakukan.

"Dari seminar ini kita coba membuka wawasan para tenaga medik agar lebih paham dengan aturan hukum, sehingga bisa terhindar dari bersentuhan permasalahan hukum," katanya.

Selain itu dari kegiatan ini IDI Riau mencoba membuka ruang untuk menyatukan persepsi diantara penegak hukum dengan para tenaga medik.

Tags
hukum
Medis
Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved