Breaking News:

Eksklusif

Hampir 50 Persen Anak Suku Talang Mamak tak Bersekolah, AMAN Inhu: Terganjal Kartu Identitas

Data tahun 2015 terdapat sekitar 11.700 jiwa masyarakat Talang Mamak yang ada di Kabupaten Inhu.

Penulis: Bynton Simanungkalit | Editor: harismanto
TribunPekanbaru/Bynton Simanungkalit
Mulyadi, guru di dusun Sahdan, Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Inhu dan anak-anak Suku Talang Mamak yang tinggal di pedalaman TNBT. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), menyatakan, hampir 50 persen anak-anak Suku Talang Mamak tidak bersekolah dan tidak melanjutkan pendidikan ke tingkat menengah.

Data tahun 2015 terdapat sekitar 11.700 jiwa masyarakat Talang Mamak yang ada di Kabupaten Inhu.

Ketua AMAN Inhu, Gilung mengungkapkan banyak faktor yang mengganjal anak-anak Talang Mamak mendapatkan pendidikan.

Salah satu faktor terbesar adalah tidak adanya kartu identitas yang diakui negara. Hal ini berangkat dari kepercayaan masyarakat Talang Mamak, yakni Langkah Lama.

Baca: Ratusan Anak Suku Akit Hanya Bisa Tamat SD, Penyebabnya Bikin Miris

"Sebenarnya perkembangan pendidikan anak-anak Talang Mamak dari tiap tahun bagus, kalau di tingkat SD sampai SMP masih lancar. Karena saat itu belum memerlukan akte lahir dan Kartu Keluarga (KK, red), kendalanya waktu SMA dan kuliah," kata Gilung kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (7/5/2018).

Status kepercayaan masyarakat Talang Mamak tersebut masih belum bisa diakui, meski kata Gilung, Mahkamah Konstitusi (MK) sudah merevisi soal kolom kepercayaan di KTP itu.

Tidak hanya KTP saja, masyarakat Talang Mamak juga kesulitan mengurus Kartu Keluarga (KK) karena tidak bisa mendapatkan surat nikah yang sah dan diakui negara.

"Surat nikah dari Batin ada, tapi tidak diakui oleh negara," katanya.

Karena itu sejumlah komunitas masyarakat Talang Mamak yang tersebar di sejumlah kecamatan masih berjuang agar kepercayaan mereka bisa masuk ke KTP.

Baca: Banyak Tubuh Tergeletak di Gereja Santa Maria, Mobil Ambulans Terus Berdatangan Angkut Korban

Pendekatan yang dilakukan oleh masyarakat Talang Mamak adalah lewat pengakuan terhadap masyarakat Talang Mamak melalui Peraturan Daerah (Perda) atau Peraturan Bupati (Perbup).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved