Deteksi Dini Karhutla, RAPP Siagakan Personil dan Peralatan

"Patroli setiap hari dilakukan dengan melibatkan BKO TNI/ Polri dan masyarakat,” ujar Yuneldi

Foto/Istimewa
Tim Pemadam Kebakaran (Fire Fighter) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) tengah mempersiapkan peralatan dan personil guna mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada musim kering periode Mei hingga Oktober 2018 mendatang. Fire and Aviation Manager RAPP, Yuneldi mengatakan sebanyak 20 tenda siaga juga telah didirikan di sejumlah lokasi di setiap Estate guna memastikan tidak ada lagi kebakaran yang terjadi. Sebagai sistem deteksi dini, RAPP juga membangun ruang monitor CCTV. Ruang khusus memonitor area melalui CCTV itu berlokasi di posko karhutla RAPP, Pangkalan Kerinci. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI – PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) mulai menyiagakan personil dan peralatan pemadam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Hal itu dilakukan untuk memastikan karhutla tidak terjadi lagi terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Fire and Aviation Manager RAPP, Yuneldi mengatakan pihaknya sudah mendirikan 20 tenda siaga di beberapa titik di setiap estate. Masing-masing tenda dilengkapi 5 personil dan peralatan pemadam.

“Kita tidak mau lagi ada kebakaran, target kita zero fire. Untuk itu personil langsung dikerahkan untuk mandah di lokasi. Patroli setiap hari dilakukan dengan melibatkan BKO TNI/ Polri dan masyarakat,” ujar Yuneldi, Rabu (16/5/2018), dalam rilis yang diterima Tribunpekanbaru.com.

Baca: Sukses Cegah Karhutla, Desa Ini Bikin Jembatan Hadiah Fire Free Village

Yuneldi menambahkan, kondisi cuaca saat ini masih tergolong terkendali berdasarkan Fire Danger Rating (FDR). Namun pihaknya tetap waspada sampai situasi benar-benar dinyatakan aman.

Sebagai sistem deteksi dini, RAPP juga membangun ruang monitor CCTV. Ruang khusus memonitor area melalui CCTV itu berlokasi di posko karhutla RAPP, Pangkalan Kerinci.

“Masing-masing estate kita sudah dilengkapi CCTV, sekarang sedang dipasang ruang monitornya di posko,” jelasnya.

Baca: Ipda Auzar Polisi yang Tewas Ditabrak Mobil Teroris, Kerap Jadi Imam di Musala KONI Riau

Tidak itu saja, RAPP saat ini juga menambah sebanyak 7 unit stasiun cuaca lagi dari 29 unit yang sudah terpasang di setiap estate. Stasiun cuaca bernama Davis ini berfungsi untuk memantau kelembaban, panas dan cuaca, secara online dari mana saja. (rls)

Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved