Ramadan 1439 H

Manfaat Buka Puasa dengan Air Putih, Dokter Ungkap Hal Luar Biasa

Sebelum menyantap berbagai jenis minuman yang menyegarkan atau makan-makanan berat saat berbuka puasa, ada hal yang harus diperhatikan.

Manfaat Buka Puasa dengan Air Putih, Dokter Ungkap Hal Luar Biasa
ilustrasi
air putih, air minum 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Sebelum menyantap berbagai jenis minuman yang menyegarkan atau makan-makanan berat saat berbuka puasa, ada hal yang harus diperhatikan.

Eko Dwi Martini DCN, HD, Ahli Gizi Graha Amerta RSU Dr Soetomo Surabaya mengingatkan agar berbuka puasa dengan air putih terlebih dahulu.

"Untuk menghindari sakit perut, sebaiknya buka puasa dengan minum air putih. Ingat, air putih yang memiliki suhu sama dengan suhu ruangan ya. Selepas itu baru mengonsumsi buah-buahan manis, tiga biji kurma seperti sunnah rasul Muhammad," jelasnya, Kamis (17/5).

Eko menyadari saat menjalankan ibadah puasa, kebanyakan orang memang cenderung ingin mengonsumsi banyak makanan saat berbuka.

Namun ternyata kebiasaan bisa membuat perut jadi tidak nyaman.

"Mau ibadah biasanya jadi malas, karena perut kaget dan berasa penuh," tambahnya.

Perempuan berkerudung ini melanjutkan harus ada pola makan yang benar saat puasa. Jika tidak akan berdampak pada stamina tubuh.

Mengonsumsi air putih dan buah saat berbuka lanjut Eko bertujuan agar lambung tidak kaget saat menerima makanan karena seharian kosong.

"Bisa mengonsumsi makanan berat atau minum es paling tidak satu jam setelahnya," tambahnya. 

Editor: Muhammad Ridho
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved