Padang

Presiden Jokowi Resmikan Kereta Api Bandara Minangkabau Ekspres, Padang-BIM Hanya 40 Menit

Dengan diresmikannya kereta api bandara ini, maka di Indonesia sudah ada tiga transportasi kereta api yang terkoneksi dengan bandara.

Presiden Jokowi Resmikan Kereta Api Bandara Minangkabau Ekspres, Padang-BIM Hanya 40 Menit
tribunpekanbaru/rikisuardi
Presiden Joko Widodo meresmikan Kereta Api Minangkabau Ekpres. Menggunakan moda transportasi ini Jarak Tempuh Padang-BIM hanya 40 Menit 

Laporan Kontributor Tribunpadang.com, Riki Suardi

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Presiden Joko Widodo meminta agar masyarakat Sumbar, khususnya yang tinggal di Kota Padang dan Padang Pariaman, memanfaatkan kereta api bandara Minangkabau Ekspres sebagai moda transportasi menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM), maupun ke Kota Padang.

"Kenapa saya minta begitu? karena selain akses dari Padang dan dari Stasiun Duku menuju BIM lebih cepat dibandingkan transportasi atau kendaraan umum lainnya, kereta api juga merupakan satu-satunya transportasi paling aman dan tepat waktu," kata Joko Widodo saat meresmikan operasional kereta api bandara Minangkabau Ekpres di BIM, Senin (21/5/2018).

Presiden yang akrab disapa Jokowi itu pun berharap, dengan diresmikannya kereta api bandara ini, maka kemacetan yang disebabkan berlebihnya penggunaan kendaraan pribadi, baik di Kota Padang maupun di Padang Pariaman, dapat berkurang.

Baca: CPNS 2018 Segera Dibuka, Ketum IKA Unand Asman Abnur Minta Alumni Siapkan Diri Agar Lulus Jadi ASN

Baca: Upaya Loloskan Cak Imin Jadi Cawapres Jokowi, Sekjen PKB Minta 50 Posko Cinta Ada di Sumbar

Untuk itu, Jokowi pun meminta agar masyarakat membiasakan menggunakan angkutan massal, karena tujuan lain dari transportasi massal itu adalah untuk mengurangi kemacetan, apalagi selama ini kemacetan bisa terjadi, disebabkan adanya kecendrungan masyarakat menggunakan angkutan pribadi.

"Jadi, mari membiasakan menggunakan transportasi massal. Di Padang kan ada angkutan massal Trans Padang, dan kereta api Minagkabau Ekpres dari Stasiun Sipang Haru Padang menuju BIM yang diresmikan hari ini," ujarnya.

"Kereta api ini juga terkoneksi dengan Stasiun Tabing dan Stasiun Duku. Saya harap, masyarakat memanfaatkannya dengan sebaik-baik, agar kemacetan dapat berkurang," imbuh Jokowi.

Ia pun menyebut dengan diresmikannya kereta api bandara ini, maka di Indonesia sudah ada tiga transportasi kereta api yang terkoneksi dengan bandara.

Selain BIM, kata dia, dua bandara lainnya yang terkoneksi dengan kereta api adalah Soekarno Hatta di Jakarta, dan Bandara Kualanamu di Medan.

"Ini kereta bandara yang ketiga di Indonesia. Setelah Kualanamu dan Soekarno-Hatta. Tapi di BIM ini, tiket kereta apinya paling murah. Katanya Rp10.000. Kalau pakai kendaraan pribadi, berapa habis bensin dari Padang ke bandara," ungkap Jokowi.

Jokowi pun juga menyampaikan bahwa dengan adanya angkutan kereta api yang terkoneksi dengan BIM, maka layanan penumpang atau masyarakat ke BIM mendapatkan layanan yang prima, karena terkoneksi dengan pintu keberangkatan, apalagi saat ini juga tengah dilakukan perluasan bandara BIM.

Baca: Plt Gubri Ungkap ke Presiden Jokowi Siapa yang Hambat Embarkasi Haji Antara

Baca: Gerakan #2019gantipresiden Akan Melemah Jika Hal Ini Terjadi

Baca: Kecelakaan Maut Tewaskan 12 Orang di Bumiayu Bukan karena Truk Rem Blong, Apa yang Terjadi?

Halaman
123
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved